Wabup Maria Geong Hadiri Acara Halal Bihalal di Masjid Nurul Falah-Wae Mata

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai, drh. Maria Geong, Ph. D., menghadiri Acara Halal Bihalal tahun 1440 H/2019 M, Tingkat Kabupaten Manggarai Barat. Acara Halal Bihalal Tingkat Kabupaten Manggarai Barat diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Manggarai Barat, di Masjid Nurul Falah, Wae Mata – Labuan Bajo, Senin (17/6/2019) pagi.

Hadir dalam acara Halal Bihalal Tingkat Kabupaten Manggarai Barat ini, Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, Yulius Sigit Kristanto, SH., MH., Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M.Si., Ketua Pengadilan Agama, Ihyaddi, S.Ag., MH., Kepala Kantor Agama Manggarai Barat, Drs. Nikolaus Nuka beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemda Manggarai Barat, Vikep Labuan Bajo sekaligus Ketua FKUB Manggarai Barat, Romo Rikardus Manggu, Pr., Ketua MUI Manggarai Barat, Syakar Abdul Jangku dan ratusan Umat Muslim se-kota Labuan Bajo.

Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal Tingkat Kabupaten Manggarai Barat, Ahmad Sehudin dalam laporannya menyampaikan, Umat Islam yang baru saja melaksanakan Puasa Ramadan selama satu bulan penuh dan telah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M sudah selayaknya untuk berlapang dada, saling memaafkan. Memaafkan dilakukan baik untuk sesama Muslim, antar umat beragama dan juga dengan Pemerintah.

Output dari pelaksanaan Puasa Ramadhon dan Perayaan Idul Fitri adalah upaya saling memaafkan. Karena sudah barang tentu dalam kebidupan sehari-hari kita sering melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan berdosa,” paparnya.

Menurut Sehudin, acara Halal Bihalal ini merupakan kesempatan paling strategis untuk membuka hati, melapangkan dada dengan rasa sabar dan penuh keiklasan atas Ridho Allah meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antara sesama, baik yang disengaja maupun tidak sengaja. “Kurang sempurna apabila tidak melakukan silaturahmi dengan saling bermaafan dan sekaligus mempererat tali silaturahmi di antara sesama,” katanya.

Ditambahkannya, Halal Bihalal Tingkat Kabupaten Manggarai Barat ini mengusung Tema Mewujudkan Kerukunan dalam Keberagaman. Tausyiah atau Siraman Rohani dibawakan Ketua MUI Manggarai Barat, Syakar Abdul Jangku. Selain itu, acara Hahal Bihalal dimeriahkan juga  dengan penampilan Majelis Taklim Masjid Nurul Falah Wae Mata, dengan lagu-lagu rohani Islami.

Acara lain juga disampaikan juara-juara dalam Lomba Pawai Takbir yang diikuti 25 Masjid pada pelaksanaan Pawai Takbir pada tanggal 4 Juni lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *