Wabup Maria Geong: Besok dilaksanakan Penandatanganan MoU antara Pemkab Mabar dan Indohun

Labuan Bajo (12/12)–Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat (Mabar), drh. Maria Geong, Ph.D., mengatakan besok akan dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama  atau Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan Indonesia One Health University Network (Indohun) tentang Kerjasama Pengembangan dan Pengelolaan Pusat Penelitian dan Edukasi Komodo Manggarai Barat (Komodo Manggarai Barat Research and Learning Center). Yang akan melakukan tanda tangan adalah Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dan Koordinator Indohun, Prof. drh. Wiku Adisasmito, M.Sc., Ph.D., bertempat di Ruang Kerja Bupati Manggarai Barat.

“Besok akan dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan Koordinator Indonesia One Health University Network, Prof. drh. Wiku Adisasmito, M.Sc., Ph.D. Penandatangan MoU ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan hasil pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Juli lalu antara Pemda Manggarai Barat dengan Indohun berupa pendirian, pengembangan dan pengelolaan Pusat Penelitian dan Edukasi Komodo dan Manggarai Barat,” jelas Wabup Maria Geong, di ruang kerjanya hari ini, Selasa (12/12).

Dijelaskannya, kerjasama Pengembangan, Pengelolaan Pusat Studi dan Edukasi Komodo dan Manggarai Barat ini dilandasi keinginan bersama untuk mendirikan dan mengembangkan Pusat Penelitian dn Edukasi Komodo dan Manggarai Barat dan menyusun strategi pengembangan fasilitas pendukungnya. “Perlu saya jelaskan bahwa kerjasama ini dibangun berdasarkan keinginan bersama akan pentingnya sebuah Pusat Penilitian di Manggarai Barat,” tegas Wabup.

Indohun merupakan jejaring Universitas yang beranggotakan fakultas Kedokteran, Kedokteran Hewan dan Kesehatan Masyarakat se-Indonesia. Indohun didirikan oleh Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Kodokteran  Universitas Gajah Mada, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.

“Jejaring ini fokusnya pada pendekatan One Health melalui pendidikan kesehatan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan rencana strategis One Health dapat dimanfaatkan secara sinergis bersama dengan Kabupaten Manggarai Barat dalam upaya pengembangan dan Pengelolaan Pusat Penelitian dan Edukasi Komodo dan Manggarai Barat,” jelasnya.

One Health ini jelas Wakil Bupati perempuan yang pertama di provinsi NTT ini merupakan suatu pendekatan dan kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja pada tingkat lokal, nasional dan global. Targetnya adalah untuk mencapai kesehatan lingkungan, hewan dan manusia yang baik. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *