Sebanyak 30 Anggota DPRD Manggarai Barat periode 2019 – 2024 dilantik

Labuan Bajo – Sebanyak 30 orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten yang terpilih dalam proses Pileg tahun 2019 ini periode 2019-2024, dilantik dan diambil Sumpah/Janji melalui Rapat Pairipurna Istimewa, di Gedung DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (30/08).

Sumpah/janji Anggota DPRD Manggarai Barat menindaklanjuti Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor PEM171.2/II/301/VIII/2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan tahun 2019-2024. Pengambilan Sumpah/Janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Muhammad Nur Ibrahim, SH, MH.

Rapat Paripuran Istimewa dipimpin oleh Ketua DPRD Manggarai Barat Blasius Jeramun. Dan ini merupakan Rapat Paripurna terakhir dalam masa tugas sebagai Ketua DPRD Manggarai Barat Bersama Wakil Ketua I dan II, masa jabatan 2014-2019.

Sedianya pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji DPRD Periode 2019-2024 ini dihariri langsung oleh Gubernur DPRD NTT, Victor Bungtilu Laiskodat. Namun berhalangan hadir, selanjutnya Gubenur mendelegasikan tugas tersebut kepada Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula.

Dalam sambutan tertulis Gubernur yang di bacakan oleh Bupati Gusti mengatakan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, DPRD mempunyai kedudukan yang setara dengan pemerintah daerah (Pemda). Kedudukan yang setara bermakna, DPRD dan Kepala Daerah memiliki kedudukan yang sama dan sejajar. Dalam arti tidak saling membawahi, satu tidak bertanggung jawab pada yang lain atau satu tidak lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain.

Dalam konteks demikian, DPRD adalah mitra kerja Pemerintah dalam menjamin optimalisasi penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintah Daerah. Dimana  secara konstitusional DPR memiliki 3 fungsi yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. “Saya harap seluruh anggota DPRD Manggarai Barat yang hari ini dilantik betul-betul menjalankan tugas sesuai dengan amanat Undang-Undang,” pintanya.

Sedangkan terhadap proses pemilu yang berlangsung aman dan lancer, Bupati Gusti secara khusus menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat yang telah berpartisipasi dan peran aktif sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu berlangsung aman, damai dan sukses. “Saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga Manggarai Barat yang berperan aktif dalam menciptakan Pemilu yang aman, damai dan lancer,” katanya.

“Kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan 2014-2019, saya juga menyampaikan  atas pengabdian dan jasa-jasanya. Apresiasi dan profisiat kepada anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan 2019-2024 yang baru diambil sumpah. Selamat bekerja, selamat mengemban tugas yang terhormat ini,” ujarnya. (**).

Berikut Nama-nama Anggota DPRD Manggarai Barat, periode 2019-2024:

  1. Sewargading S. J Putera, S.Pd. (PKB)
  2. Yosef Suhardi, S. (Partai Geindra)
  3. Silverius Sukur, SP. (PDI Perjuangan)
  4. Blasius Jeramun SH. (Partai Golkar)
  5. Martinus Mitar, A.Md. (Partai Nasdem)
  6. Wilhelmus Syukur, SE. (Partai Nasdem)
  7. Saleh Muhidin, SH. (PKS)
  8. Hj Andi Riski Nur Cahya D. (PPP)
  9. Antonius Aron, ST. (PAN)
  10. Blasius Janu, B.Sc. (Hanura)
  11. Paskalis Yosep Sudario (Partai Demokrat)
  12. Ali Imran. ()
  13. Sebastianus Nyaman, S.Sos. (PKB)
  14. Robertus Loymans, SE.(PDI Perjuangan)
  15. Kristomus Wali. (Partai Golkar)
  16. Benediktus Nurdin, ST. (Partai Nasdem)
  17. Andi Mamma, A.Md. (PKS)
  18. Bernadus Ambat, SE. (Partai Perindo)
  19. Marselinus Jeramun, SE. (PAN)
  20. Fabianus Latu, SE . (Hanura)
  21. Rikardus Jani, S.Pd. (Demokrat)
  22. Dominikus Sambut, S.P. (PKB)
  23. Darius Angkur, A.Md.(PDI Perjuangan)
  24. Anselmus Jebarus, SE. (Partai Golkar)
  25. Edistasius Endi, SE. (Partai Nasdem)
  26. Vitus Usu, A.Md. Partai Nasdem)
  27. Inocentius Peni, A.Md. (PAN)
  28. Pius Daru, SE. Partai Hanura)
  29. Benyamin Pamur, SH. (Partai Demokrat)
  30. Marselus Semudin. (PKPI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *