Penuhi Kebutuhan Kapal Wisata, SPBU Modular di Kampung Tengah Segera dibangun

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menerima kunjungan Dirut Operasional PT. Citra Sarijaya Migas (Industrial and  Marine Fuel Solution), Iwan Ananta Wijaya dan rombongan, calon Investor yang akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Modular di area Dermaga Pink, Kampung tengah Kelurahan Labuan Bajo. Rencana pembangunan SPBU tersebut merupakan bagian program pemerintah pusat dalam rangka menyambut kunjungan peserta Annual Meetings of the International Monetary Fund (IMF) and World Bank (WB) 2018 di Bali.

Pantauan humas.manggaraibaratkab.go.id, penerimaan berlangsung di ruang kerja  Bupati Manggarai Barat, pukul 16.00 Wita, Kamis (19/07). Bupati Gusti Dula menyambut dengan hangat Dirut Operasional PT. Citra Sarijaya Migas dan rombongan. Dengan senyuman yang khas, orang nomor satu di Manggarai Barat ini menyalami satu persatu rombongan yang hadir. “Silahkan duduk Pak Iwan, terima kasih sudah datang,” kata Bupati penuh akrab.

Tidak lama berselang, Bupati Gusti Dula membuka pembicaraan seraya memperkenalkan beberapa pimpinan OPD yang hadir antara lain Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebuadayaan, Plt.  Kadis Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu, Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Sekdis Ketahanan Pangan dan Perikanan dan Plt. Kaban BPKD Manggarai Barat.

Bupati Gusti Dula menjelaskan, berbagai fasilitas penunjang dalam rangka menyambut kunjungan peserta Annual Meetings IMF-WB 2018 di Bali sedang dibangun mulai dari Jalan, Drainase, Trotoar, Tempat Kuliner, Dermaga Marina Bertaraf Internasional, Hotel dan Restoran, Rumah Sakit, PLTG Rangko sampai Perluasan Tempat Parkir Pesawat di bandara Komodo. Hal lain yang menjadi usulan Pemerintah daerah adalah kebutuhan Energi daerah Tujuan Pariwisata khususnya BBM.

Dan ternyata usulan ini ditanggapi dengan cepat oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman agar didirikan Depo BBM di Labuan Bajo. Sehingga pemenuhan kebutuhan BBM untuk kebutuhan Kapal Wisata untuk persiapan kunjungan peserta annual Meeting IMF bisa terpenuhi dan tidak tergantung dengan Depo Reo. Karena apabila mengharapkan Depo Reo kebutuhan BBM untuk Kapal Wisata tidak bisa terpenuhi,  dan bisa terjadi kelangkaan BBM.

“Semuanya ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat demi mendukung sektor pariwisata Manggarai Barat mengingat Manggarai Barat telah ditetapkan sebagai Top Four Destinasi Pariwisata Nasional dan persiapan kunjungan peserta Annual Meeting IMF bulan Oktober mendatang. Melalui Mitra PERTAMINA yakni PT. Citra Sarijaya Migas (Industrial dan Marine Fuel Solution) akan mendirikan SPBU Modular di Area Dermaga Pink Kampung Tengah,” katanya.

Menurut Bupati Gusti Dula, bicara BBM sama halnya kita bicara hidup dan matinya Pariwisata Manggarai Barat. Jika di Labuan bajo terjadi kelangkaan BBM maka itu merupakan petaka besar bagi sektor Pariwisata kita. “Jadi, berbicara tentang kebutuhan BBM adalah bicara soal hidup-matinya pariwisata,” ungkapnya.

Kepada pimpinan OPD yang hadir, Bupati berharap  untuk terus bekerja, terus bergerak, terus merespon niat baik pemerintah pusat. “Saya harap OPD terkait harus ikut bekerja optimal. Ini adalah Momentum bagi kita. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak merespon, ini adalah kesempatan dan anugerah. jangan disia-siakan. Saya tegaskan mari terus bekerja, terus bergerak, terus merespon niat baik pemerintah pusat,” harapnya.

Sementara itu Dirut Operasional PT. Citra Sarijaya Migas (Industrial dan Marine Fuel Solution) Iwan Ananta Wijaya menjelaskan bahwa Perusahaannya merupakan Mitra Pertamina yang berminat akan membangun SPBU Modular untuk mendukung kebutuhan BBM kota Pariwisata. Dan untuk kebutuhan kunjungan peserta Annual Meeting IMF pihaknya menyedikan satu kapal dengan daya tampung BBM 200 ton, dan BBM non subsidi. Mengingat Kapal Wisata masuk dalam kategori industri, tapi harganya sangat ekonomis. Pembagunan SPBU modular ini membutuhkan area 800-1000 m2.

Selanjutnya, Bupati Gusti Dula mengajak Dirut Operasional PT. Citra Sarijaya Migas Iwan A. Wijaya dan pimpinan OPD terkait langsung meninjau lokasi rencana pembangunan SPBU modular di Kampung tengah. Di lokasi, Bupati Gusti Dula langsung menginstruksikan kepada OPD terkait untuk segera melaksanakan langkah awal yang perlu dilakukan agar proses pembanguanan SPBU modular berjalan lancar. (Tian Candra/Adol S.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *