Pemkab Mabar Gelar Buka Puasa Bersama

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar), melalui Bagian Kesra dan Kemasyarakatan sore hari ini (Senin, 21/05/2018) menggelar Buka Puasa Bersama dengan jajaran Forkopimda, Aparatur Sipil Negara (ASN),  Imam-Iman Masjid dan Umat Islam se-Kota Labuan Bajo. Buka Puasa Bersama ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia dari Allah SWT serta dalam rangka  mempererat tali silaturahmi.

Seperti disaksikan humas.manggaraibaratkab.go.id, Buka Puasa Bersama diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan saritilawah, Tausiyah, Sambutan Bupati Manggarai Barat, Azan Magrib dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama. Usai Buka, dilanjutkan dengan Sholat Magrib dan tepat pukul 19.15 Wita, ditutup dengan makan malam bersama.

“Bulan suci Ramadan adalah bulan yang selalu dinantikan seluruh umat Islam, bulan yang selalu menjadi foundamental untuk meningkatkan amal ibadah, dan meraih derajat ketakwaan. Karena itu atas nama Pemerintah dan masyarakat Manggarai Barat, saya mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2018,” demikian Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula usai mengikuti Tausiyah Ramadhan yang dibawakan Ketua MUI Manggarai Barat, H. Syakar Abdul Jangku, MSi., di Rujab Bupati Mabar.

Menurut Bupati Gusti Dula, acara Buka Puasa Bersama ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan selalu dihadiri banyak orang. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini mendapat berkah dari Allah SWT. “Terima kasih ata kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/I dalam acara Buka Puasa Bersama sore ini,” tandasnya.

Mengutip tausiyah yang disampaikan Ketua MUI, jelas Bupati, bulan suci Ramadhan ini begitu spesial bagi umat Islam. Dikatakan special karena terdapat perintah untuk melaksanakan ibadah puasa yang hakekatnya adalah agar mampu menahan diri dari sesuatu yang halal seperti makan dan minum serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari tanpa ada yang mengawasi dan mengontrol.

Lebih lanjut terkait dengan peristiwa-peristiwa Bom Bunuh diri dibeberpa kota di Indonesia yang menelan korban jiwa baik anggota Polri dan warga sipil merupakan perbuatan oknum yang tidak beragama, dan tidak memiliki hati nurani. Karena itu Pemerintah Manggarai Barat, tentu mendukung penuh langkah aparat keamanan untuk mengusut secara cepat dan tuntas motif, pola, serta gerakan yang memicu terjadinya peristiwa tersebut.

“Gerakan terorisme semakin merajalela, maka perlu penanganan khusus yang lebih intensif dari pelbagai pihak, utamanya negara melalui aparat keamanan. Dan untuk warga Manggarai Barat, saya meminta agar menahan diri, tidak terprovokasi serta terus menggalang solidaritas kemanusiaan sekaligus menolak segala bentuk kekerasan,” ujarnya, seraya menambahkan  “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1438 H”, semoga seluruh rangkaian ibadah yang dilaksanakan dapat lebih meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam Buka Puasa Bersama ini, Wakil Bupati Manggarai Barat, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Manggarai Barat, Ketua Pengadilan Agama Manggarai Barat, Wakil Kapolres Manggarai Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggara Barat serta Tokoh-tokoh lintas Agama  se-kota Labuan Bajo. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *