PDAM Wae Mbeliling Berencana Naikan Tarif Air Minum Bersih

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch. Dula menyambut baik langkah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wae Mbeliling yang berencana menyesuaikan tarif Air Minum Bersih di kota Labuan Bajo. Langkah tersebut tentu sudah dipertimbangkan secara baik dan matang sekaligus langkah berani. Artinya jajaran PDAM Wae Mbeliling, sudah bisa menjamin bahwa Air Bersih di kota Labuan Bajo sudah lancar.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gusti Dula, saat mengikuti rapat dengan agenda Pemaparan terkait rencana Kenaikan Air Minum Bersih oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM Wae Mbeliling Labuan Bajo Aurelius Hubertus Endo, ST., hari ini Senin (21/05), di Ruang Rapat Bupati Manggarai Barat. “Saya sambut baik langkah PDAM Wae Mbeliling dalam menaikan kenaikan tarif. Tetapi, ini tantangan karena berani menaikkan tarif disaat pendistribusian air bersih masih kurang lancar,” tandasnya.

Ia menilai langkah yang diambil Management PDAM adalah hal yang wajar, untuk mengimbangi antara biaya operasi, gaji dan produksi. “Kita perlu mendukung hal ini. Sebab nantinya akan kembali lagi ke daerah,” lanjut Bupati, yang didampingi Wakil Bupati drh. Maria Geong, Ph.D.

Lebih lanjut Bupati Gusti Dula meningatkan, kenaikan tarif air minum tersebut harus dibarengi dengan peningkatan layanan distribusi. Apalagi, distribusi dan kualitas air bersih PDAM masih kerap kali mendapat sorotan dari pelanggan. “Tarif boleh naik, tapi peningkatan layanan, baik itu pasokan air maupun kualitasnya harus terjamin,” tegasnya.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Wae Mbeliling Aurelius Endo menjelaskan alasan yang mendasar mengapa tarif air itu akan disesuaikan. Salah satunya adalah demi menutup biaya operasional PDAM, lantaran ongkos produksi jauh lebih tinggi daripada tarif air.

Selain itu, menurut Rely Endo, kenaikan tarif PDAM di wilayah Manggarai Barat sudah sesuai instruksi pemerintah pusat. Jika Pemerintah Daerah, menyetujui usulan kenaikan tarif tersebut, maka dalam waktu dekat akan diberlakukan. “Bapa Bupati dan Ibu Wakil, rencana kenaikan tarif ini sesuai instruksi Pemerintah Pusat, yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum,” jelasnya.

Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Manggarai Barat Mbon Rofinus, SH,M.Si, para Ketua-ketua Komisi DPRD Kabupaten Manggarai Barat, dan para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. (Asty/**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *