Manggarai Barat Kembali Terima Penghargaan

Jakarta (19/12) – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula hari ini menghadiri Rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Rakornas ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, di Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (19/12). Selain menghadiri Rakornas, juga mendampingi Kaur Perencanaan Desa Ndoal yang akan menerima penghargaan Pengelola Pamsimas terbaik.

“Rakornas Pamsimas ini sangat penting karena berkaitan dengan peningkatan komitmen dalam pencapaian target akses universial air minum sesuai dengan amanat RPJPN 2005–2025 dan RPJM 2015-2019. Dimana Pemerintah melalui program pembangunan nasional ‘Akses Universal Air Minum dan Sanitasi Tahun 2019’, menetapkan bahwa pada tahun 2019, Indonesia dapat menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi 100% rakyat Indonesia. Selain itu hari ini juga salah satu Desa di Manggarai Barat yakni Desa Ndoal Kecamatan Mbeliling menerima penghargaan sebagai Pengelola Pamsimas terbaik,” demikian Bupati Gusti Dula disela-sela mengikuti Rakornas melalui layanan Whatsupss, Selasa (19/12).

Dijelaskannya, pelaksanaan Program Pamsimas Tahun 2008-2015 dinilai telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin pedesaan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi. Disamping  itu juga meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui upaya pemberdayaan masyarakat.

Menurut Bupati Program Pamsimas adalah salah satu program andalan Pemerintah di dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat. Di Kabupaten Manggarai Barat, sejak Program Pamsimas mulai dilaksanakan pada tahun 2008 hingga akhir tahun 2015, telah menunjukkan adanya dampak positif bagi masyarakat Desa Pamsimas.

“Bagi kita di Kabupaten Manggarai Barat Program Pamsimas ini sangat bermanfaat dan membawa dampak positif. Dan salah satu Desa di Kabupaten Manggarai Barat yakni Desa Ndoal dipilih sebagai Pengelola Pamsimas terbaik. Dan hari ini juga Desa Ndoal melalui kaur Perencanaan Mohamad Kaidun menerima penghargaan dari Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR,” jelasnya.

Menurut Bupati, prestasi ini jelas sangat menggembirakan. Bagaimana tidak, dari 12.000 Desa di 233 Kabupaten/Kota di 32 provinsi di Indonesia, kecuali DKI Jakarta, tiba-tiba ada Desa Golo Ndoal Kecamatan Mbeliling. “Hanya ada 8 (Delapan) Desa di Indonesia yang mendapat Pengharaan Pengelola Pamsimas terbaik, dan kita satu-satunya dari Provinsi NTT,” kata Bupati seraya menambahkan koleksi pengharagaan yang telah diterima pada tahun 2017 ini sudah banyak.

Sementara itu Kabag Umum, Siprianus Adi Rambu, S.Psi., yang turut mendampingi Bupati Manggarai Barat, menjelaskan kegiatan Pembukaan Rakornas dan pemberian Penghargaan Pengelola Pamsimas terbaik baru saja selesai. “Pembukaan Rakornas baru saja selesai, dan sekarang masih istirahat,” jelasnya melalui sambungan Telepon genggam. (**)

5 Responses to Manggarai Barat Kembali Terima Penghargaan

  1. Mus suasa berkata:

    MANTAP ,PRESRASI TERUS MENGALIR

  2. johanyohanes berkata:

    sukses selalu Mabarku…

  3. Ponsi Jono berkata:

    Mantap..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *