Dinas Peternakan dan Keswan Gelar Kontes Sapi di Indrong

Indrong-Sano Nggoang – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini, Kamis (20/6) menyelenggarakan Kontes Sapi Tingkat Kabupaten Manggarai Barat di Indrong Desa Golo Leleng Kecamatan Sano Nggoang.

Kontes ini diikuti sedikitnya 36 ekor Sapi (betina dan jantan) dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat. Masing-masing Kecamatan, mengirimkan 3 ekor sapi. Sapi-sapi yang mengikuti Kontes didandan dengan menggunakan kostum tertentu yang sangat menarik perhatian.

Hadir dalam Kontes sapi ini, Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., Wakapolres Manggarai Barat Kompol Albert Y. Ndun, SH., para pejabat dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTT, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Marten Ban, ST., Asisten Administrasi Umum, Ismail Surdi, para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Manggarai Barat dan para Camat se-Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Frida A. Buthe dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan diselenggrakannya kontes ternak sapi adalah untuk memotivasi peternak dalam memproduksi ternak bibit berkualitas, memberi penghargaan kepada peternak berprestasi dan meningkatkan nilai jual bibit ternak itu sendiri.

Karena itu Tema Kontes Ternak Sapi tahun 2019 ini adalah “Melalui Kontes Ternak Sapi Kita Tingkatkan Populasi Dan Produktivitas Ternak Sapi Guna Mewujudkan Kesejahteraan Peternak”.

Disampaikan Kadis Frida, pelaksanaan Kontes ternak tahun selama tiga tahun berturut-turut selalu mendapat sambutan yang baik dari paternak. Hal tersebut nampak dari kehadiran para peternak/pemilik sapi yang mengikuti kontes. “Pelaksanaan Kontes ternak sapi tahun 2019 ini yang ketiga kita selenggarakan. Dan setiap pelaksanan kontes selalu disambut baik peternak sapi,” katanya.

Dan sapi-sapi terbaik yang dinyatakan juara akan mendapat hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang. Untuk juara I, hadiah sebesar Rp. 3.000.000,-, Juara II, Rp. 2.500.000 dan juara III Rp. 2.000.000,-. Selain itu, Sapi yang dinyatakan juara atau pemenang akan mengikuti kontes Sapi tingkat Provinsi NTT, yang menurut rencana akan diselenggarakan di Kabupaten Kupang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *