Dinas Dukcapil Mabar Lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan dan Perjanjian Kerjasama

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan dan Perjanjian Kerjasama Tingkat Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2018. Sosialisasi ini berlangsung disalah satu hotel di Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, hari ini (Jumat, 04/05)

Sedianya Kegiatan Sosialiasi ini dibuka oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, namun pada saat yang sama Bupati harus mengikuti Rapat lanjutan Koordinasi Pengembangan Destinasi Wisata Labuan Bajo, di Kementeriaan Koordinator Bidang Kemaritiman RI di Jakarta. Dan mewakili Bupati Mabar, Asisten Bidang Administrasi Umum, Agustinus Hama, SH.

“Sebelum memyampaikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi, perlu kami sampaikan kegiatan ini sedianyanya dibuka oleh Bupati. Namun pada saat yang sama Bupati harus menghadiri rapat lanjutan kegiatan terkait Koordinasi Pengembangan Destinasi Wisata Labuan Bajo, dalam rangka mendukung pelaksanaan rapat Annual Meeting IMF-World Bank yang dilaksanakan di Provinsi Balo bulan Oktober 2018 mendatang. Selanjutnya Bupati mendelegasikan pada saya untuk membuka kegiatan hari ini,” demikian Asisten III, Agustinus Hama.

Selanjutnya mantan Kabag Hukum ini menyampaikan sambutan Bupati Manggarai Barat. Dalam sambutan tersebut Bupati Gusti Dula menjelaskan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Dimana  dalam pasal 6 disebutkan, Pemerintah Kabupaten/Kota berwenang dan berkewajiban melayani pemanfaatan NIK, Data Kependudukan KTP-el kepada lembaga pengguna. Lembaga pengguna itu antara lain SKPD Kabupaten/Kota dan Badan Hukum Indonesia yang memberikan pelayanan publik yang tidak memiliki hubungan vertikal dengan lembaga pengguna di tingkat pusat.

Menurut Bupati seperti disampaikan Asisten III, pemanfaatan data kependudukan dipahami sebagai aktivitas pemberian hak akses atas data kependudukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada lembaga pengguna dalam rangka peningkatkan kualitas pelayanan publik, penelitian, perencanaan pembangunan dan penegakan hukum.

“Dalam Permendagri ini sangat jelas, bahwa pemanfaatan data kependudukan harus dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan public, bukan untuk tujuan-tujuan lain. Karena itu agar Permendagri ini berjalan sesuai harapan dan tepat sasaran, perlu diperbanyak selanjutnya dikirim ke beberapa Instansi terkait yang berhubungan dengan publik,” jelasnya.

Tidak lupa Bupati Beliau juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Barat yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini. Sosialisasi yang nantinya dilanjutkan dengan  penandatanganan Perjanjian Kerjasama merupakan tanda keseriusan dalam mendukung mensukseskan program pembangunan di daerah Manggarai Barat ini.

Untuk diketahui Sosialisasi ini menghadirkan nara sumber Kepala Seksi Pemanfaatan Data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Asep I. Firdaus. Dimoderatori oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Barat Drs. Nabit Ansel.

Puncak kegiatan ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Barat dengan Pimpinan OPD yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat Agus Mangiradja. (Asty Ambang/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *