Bupati Mabar: Starbucks Coffee Ikon Baru Parwisata Mabar

Labuan Bajo– Bupati Manggarai Barat (Mabar), Drs. Agutinus Ch. Dula mengaku senang dengan langkah managemen Starbucks Coffee Company yang membuka gerainya di area Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo. Kehadiran Starbucks Coffee Company merupakan salah satu ikon baru pariwisata Manggarai Barat setelah ditetapkan sebagai destinasi super prioritas oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata RI.

Demikian disampaikan Bupati Mabar, Gusti Dula kepada wartawan usai meresmikan Starbucks Coffee Company, di Kawasan Terpadu Marina Labuan  Bajo, Sabtu (18/05) malam. “Kita patut berbangga, karena kopi Starbucks yang gerainya hampir ada di seluruh dunia sudah ada di Labuan Bajo. Dan Starbucks coffee atau kopi starbucks menjadi salah satu ikon baru Pariwisata Labuan Bajo,” katanya.

Menurut Bupati Gusti Dula, kehadiran Starbucks adalah perubahan baik dalam mendukung pengembangan destinasi super prioritas Labuan Bajo. Setidaknya ada penambahan ikon baru, artinya apabila ada wisatawan ke Labuan Bajo dan mencari tempat minum kopi kelas dunia, ada starbucks.

Namun demikian, katanya, jangan sampai kehadiran Starbucks hanya untuk dibangga-banggakan saja, tetapi harus memberi dampak positif terhadap masyarakat. “Yang kita harapkan adalah kehadiran Starbucks ini berdampak positif terhadap masyarakat terutama dalam penyerapan tenaga kerja local. Pekerjakan orang local, didik mereka sehingga mereka bisa memenuhi kualifikasi Starbucks,” harapnya.

Selain itu, kehadiran Starbucks ini juga memberi motovasi bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) local. Harapannya, mereka (UKM; red) tidak merasa tersaingi dengan kehadiran Starbucks.

Dan yang tidak kalah penting adalah Starbucks Coffee Company harus memperhatikan potensi kopi local Manggarai Barat. Karena Kopi Manggarai Barat sekarang sudah mendunia dengan adanya sertifikasi kondisi geografis tahun 2018 silam. Bahkan saat ini, sedang diperjuangkan agar Kopi Robusta juga menyusul untuk mendapatkan sertifikasi kondisi geografis.

Artinya, papar Bupati Gusti Dula, Starbukcks sebagai gerai kopi terbaik dunia harus mengoptimalkan potensi yang ada di Manggarai Barat dan tidak lagi menggunakan kopi luar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *