Bupati Mabar Buka Secara Resmi Rapat Revitalisasi Peran Komite Mbeliling

Labuan Bajo (14/12) – Bupati Manggarai Barat (Mabar), Drs. Agustinus Ch. Dula hari ini, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia (Bird Life Indonesia Association). Rapat koordinasi ini dilaksanakan pada salah satu Hotel bintang di wilayah Pantai Pede-Labuan Bajo, Kamis (14/12), dengan agenda utama membahas Revitalisasi Peran Komite Mbeliling dalam memantau Perubahan Kondisi Bentang Alam Mbeliling.

Dalam sambutan sebelum membuka, Bupati Gusti Dula menegaskan bahwa Komite Mbeliling dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Manggarai Barat. Tugas komite ini sebagaimana yang diketahui adalah mengawasi dan menjaga Bentang Alam Mbeliling.  Namun belakangan Komite ini kemungkinan besar tidak berjalan oleh karena adanya perubahan regulasi.

“Kita sudah membetuk Komite Mbeliling yang diperkuat dengan SK Bupati Manggarai Barat Nomor 108/KEP/HK/2011, dimana yang menjadi Ketua Komitenya melekat pada Kepala Dinas Kehutan. Sedangkan anggotanya OPD Lingkup Pemda Manggarai Barat dan Perwakilan masyarakat bentang Alam Mbeliling. Tetapi karena Dinas Kehutanan sudah tidak ada, maka SK tersebut perlu ditinjau dan direvitalisasi kembali,” papar Bupati.

Menurut Bupati dengan diambilnya kewenangan Kehutanan oleh pemerintah Provinsi pada tahun 2016, maka secara otomatis peran Komite menjadi lemah. Padahal peran komite dalam Bentang Alam Mbeliling sangat penting. Perannya antara lain mengumpulkan data dan informasi, mendiskusikan isu-isu yang terkait pengelolaan bentang alam Mbeliling dan merekomendasikan program dan kebijakan kepada pihak sesuai tupoksi masing-masing untuk diimplementasikan.

Lebih lanjut Bupati Gusti menjelaskan bahwa ada makna dibalik Benteng Alam Mbeliling antara lain terbentuknya koperasi, industri rakyat,komoditi dapat dimanfaatkan, bahkan sudah menjamah sampai pendidikan. Oleh sebab itu, sebagai orang Manggarai Barat kita harus memandang dan memantau lebih serius dan bertanggungjawab terhadap keberadaan Mbeliling, karena sudah menjadi penopang bagi keberadaan komodo. “Mari kita mempertahankan multifungsi yang ada di Bentang Alam Mbeliling”ajaknya.

Selain itu, Bupati dua periode ini juga menyampaikan bahwa kehadiran komite sangat menentukan dalam kaitan dengan keberadaan Bentang Alam Mbeliling ini. Dan keberadaan Komite perlu didukung oleh masyarakat disekitar bentang alam Mbeliling. “Saya menghimbau kepada masyarakat yang ada di sekitar Mbeliling untuk meningkatkan produksi topi dan masyarakat juga harus sepakat untuk bisa menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghadapi perubahan Zaman lebih khusus pada perubahan pariwisata kita di Kabupaten Manggarai Barat.”katanya.

Sementara itu, Koordinator Burung Indonesia untuk wilayah Flores, Tiburtius Hani menjelaskan tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi ini dalam rangka berbagi informasi kepada para pihak tentang perubahan kondisi bentang alam Mbeliling sebagai dampak dari intervensi atau kegiatan pengelolaan. Selain itu juga untuk mendiskusikan perkembangan kegiatan pengelolaan saat ini dan gagasan program maupun kebijakan yang diperlukan dalam pengelolaan bentang alam Mbeliling untuk masa yang akan datang serta konsolidasi kelembagaan Komite Mbeliling agar lebih efektif berperan dalam pengelolaan bentang alam Mbeliling.

Selanjutnya Tibur juga menyampaikan harapan yang ingin dicapai dalam pertemuan tersebut. “Saya berharap pertemuan ini membawa hasil yang positif terutama, dimana para pihak mendapatkan informasi tentang perubahan bentang alam Mbeliling.Dan yang lebih penting adalah terkonsolidasinya Komite Mbeliling secara kelembagaan terutama Struktur Kepengurusan Komite Mbeliling yang baru,” tandasnya.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Forum Peduli Kawasan Mbeliling (FPKM), Pemerhati Lingkungan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Balai Taman Nasional Komodo, OPD terkait lingkup Pemerintah Manggarai Barat yang merupakan anggota Komite. Usai membuka secara resmi Bupati, bergegas ke Kantor Bupati Manggarai Barat untuk membuka kegiatan Rapat Kerja Camat se-Kabupaten Manggarai Barat dan para Kepala Desa se-Kabupaten Manggarai Barat. (Agustinus H./Marselinus S./**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *