Bupati Gusti Dula Lakukan Wawancara dengan Awak Media Hong Kong dan Macau

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, pagi ini (Jumat, 23/03) didatangi sejumlah awak Media dari Hongkong. Para awak Media ini hendak melakukan wawancara ekslusive terkait pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat. Rombongan wartawan yang dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal RI Tri Tharyat ini tiba di kantor Bupati Manggarai Barat sekitar pukul 09.45 Wita. Mereka langsung menuju ruang kerja Bupati Manggarai Barat.

Sebelum wawancara, Bupati Gusti Dula menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Konjen RI bersama rombongan media dari Hong Kong dan Macau. “Pak Konjen dan rekan-rekan media dari Hong Kong dan Macau, atas nama masyarakat Manggarai Barat, saya menyampaikan terima kasih atas kehadiriannya bersama dengan rekan-rekan media ini. Mudah-mudahan kehadiran Konjen bersama rekan-rekan media ini memberi dampak positif untuk pariwisata Indonesia, khususnya Pariwisata Manggarai Barat,” jelas Bupati Gusti Dula, seraya memberi kesempatan kepada Konjen Tri Tharyat untuk menjelaskkan tujuan kedatangan dan memperkenalkan rombongan yang hadir.

Usai Bupati menyampaikan hal tersebut, Konjen RI Hong Kong, Tri Tharyat menjelaskan kepada Bupati terkait kegiatan yang dilaksanakan. Dia menjelaskan, KJRI Hong Kong bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI mengundang 10 jurnalis dari Hong Kong dan Macau untuk mengikuti familiarization trip ke Bali dan Labuan Bajo pada 19-23 Maret 2018. “Pak Bupati kami mengundang 10 Jurnalis dari Hong Kong dan macau untuk ikut familiarization trip ke Bali dan Labuan Bajo,” katanya.

Mereka antara lain, Apple Jean Mandy (China Dailiy), Li Huiyan (HK01), Ben Kwok (Asia Times), Ernest Kao (SCMP), Maria Salome Leal (Journal Tribune de Macau), Pang Keng In dan Li Zhi Wen (Macau Cable TV), Leong Ka I dan Lao Chi Hou (Televisi de Macau) dan Gilbert Humphre W. (Kumbang Toh News).

Tujuan  kegiatan famtrip ini jelas Tharyat, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia kepada warga Hong Kong dan Macau melalui media. Tentu hasil yang diharapkan adalah wisatawan Hong Kong dan Macau ke Indonesia dapat meningkat jumlahnya. “Kami (KJRI; red) ingin mempromosikan 10 Bali baru seperti dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Karena itu kami pilih Labuan Bajo dan Bali.  Bali dipilih selain karena masih menjadi magnet bagi wisatawan HK dan Macau, juga merupakan “pintu gerbang” menuju Indonesia bagian Timur”, tandasnya.

“Jumlah wisatawan Hong Kong dan Macau ke Indonesia tidak seimbang jika dibandingkan dengan jumlah wisatawan Indonesia ke Hong Kong dan Macau. Karena itu harapannya melalui kegiatan ini teman-teman jurnalis terkesan akan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia, lalu mereka bisa bantu kita promosi dan genjot jumlah wisatawan Hong Kong dan Macau ke Indonesia,” demikian Konjen Tri Tharyat.​​

Lebih lanjut dijelaskan Konjen Tri, Famtrip kali ini yang pertama dilakukan KJRI Hong Kong melibatkan jurnalis Macau dengan alasan tersendiri. “Sebagai wilayah akreditasi, kami (KJRI; red) merasa Macau perlu untuk dilibatkan dalam kegiatan ini. Tentunya kami ingin Indonesia lebih dikenal oleh warga Macau, dan kami ingin mereka berkunjung ke Indonesia,” katanya seraya menambahkan selama berada di Indonesia, mereka telah diperkenalkan alam dan budaya Bali yang cantik dan unik, serta melihat kecantikan alam Labuan Bajo, dan mengunjungi Komodo di alam habitatnya yaitu di Pulau Padar dan Pulau Rinca.

Usai penjelasan dari Konjen Tri Tharyat, Bupati Gusti Dula mempersilahkan para wartawan mengajukan pertanyaan melalui penerjemah yang telah disiapkan oleh pihak Konjen sendiri. “Terima kasih Pak Konjen, selanjutnya, wawancara ini bisa kita mulai,” kata Bupati dua periode ini.

Untuk diketahui kehadiran para awak media dari Hong Kong dan Macau ini sesuai Surat Tugas dari Kementerian Pariwisata RI, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II. Dengan nomor surat tugas KP. 105/45/25/DPP-2/KEMPAR/2018. Surat ini ditanda tangani Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional I, Vinsensius Jemadu. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *