Besok, Bupati Gusti Dula Lakukan Panen Raya Sorgum di Poco Koe-Lembor

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menurut rencana besok (Sabtu, 24/03) melakukan panen raya Sorgum 4 (empat) varietas di lokasi persawahan Poco Koe, Desa Ngancar, Kecamatan Lembor. Pengembang pangan local Sorgum ini adalah Aliansi Petani Lembor (Apel).

“Besok (Sabtu) kita ke Poco Koe Desa Ngancar-Lembor, untuk panen raya Sorgum yang dikembangkan Aliansi Petani Lembor. Saya kira pasar Sorgum ke depan sangat menjanjikan. Beberapa waktu lalu saya mendapat kiriman foto dari Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Manggarai Barat, Anggalinus Gapul. Foto-foto tersebut memperlihatkan buah Sorgum yang hasil produksinya cukup menggembirakan,” jelas Bupati Gusti Dula usai melakukan wawancara dengan awak Media dari Hong Kong dan Macau, Jumat (23/03).

Dijelaskannya, dari literatur sorgum mempunyai banyak manfaat. Biji Sorgum memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah beberapa jenis kanker, membantu mengendalikan diabetes, meningkatkan kesehatan pencernaan, menguatkan tulang, meningkatkan pembentukan sel darah merah, dan meningkatkan energi.

“Selama ini, kita sering mengabaikan tanaman Sorgum, padahal manfaatnya sangat banyak. Apalagi menanam Sorgum seperti tidak terlalu sulit, karena Sorgum tahan terhadap perubahan cuaca dan penyakit,” tandasnya.

Selanjutnya Bupati Gusti Dula menyampaikan terima kasih kepada Ketua APEL, Benediktus Pambur yang telah mendorong petani Lembor untuk membudidayakan Sorgum. “Kita tentu menyampaikan terima kasih kepada Ketua Apel, yang telah mendorong petani untuk menanam tanaman Sorgum,” imbuhnya.

Untuk diketahui, besok sekitar pukul 08.00 Wita Bupati bersama Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., anggota Forkopimda Manggarai Barat dan beberapa pimpinan OPD ke Lembor. Siang harinya, Bupati dan rombongan akan balik ke Labuan Bajo, karena pada malam hari akan menerima rombongan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. (**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *