5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Kuwus Realisasi Pajak 2019 Capai 100%

Bangka-Lewat, Kuwus – Sebanyak 5 (lima) dari 12 (duabelas) Desa/Kelurahan di Kecamatan Kuwus, realisasi pajaknya mencapai 100% dari target yang ditetapkan.  Kelima Desa/Kelurahan tersebut antara lain Desa Sama, Bangka Lewat, Golo Pua, Coal dan kelurahan Nantal. Sementara 7 (tujuh) Desa/Kelurahan lainnya belum mencapai 100%, antara lain Desa Lawi, Lewur, Sompang Suka, Benteng Suru,Suka Kiong,  Pangga dan Kelurahan Golo Ru’u.

Desa Lawi Realisasi Pajaknya baru mencapai 46%, Lewur 24%, Sompang Suka 86%, Benteng Suru 75%, Suka Kiong 72%, Pangga 50% dan Kelurahan Golo Ru’u 35%.

Realisasi Pajak tersebut disampaikan oleh maasing-masing Kepala Desa/Lurah saat pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16, Kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Hari Keluarga ke-26, Gelar Teknologi Tepat Guna ke-3, Hari Ulang tahun Koperasi ke-72 dan Pencanangan Bulan Sadar Pajak tingkat Kecamatan Kuwus, di Lewat Desa Bangka Lewat Kecamatan Kuwus, Rabu (19/6) pagi.

Pencanganan BBGRM, dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., dan didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Drs. Salvador Pinto, Plt. Kadis Satpo PP, Stefanus Salut, S.Sos., Kapolsek Kuwus, IPDA Matheos Siok dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Jeramun, S.Sos., M.Si.

Penyampaian laporan oleh para Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Kuwus dipandu oleh Camat Kuwus, Fransiskus Male, S.Pd. Sebelum menyampaikan laporan Camat Frans Male, meminta para Kepala Desa/Lurah untuk berdiri mendampingi dirinya.

Menurut Camat  Frans,  rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-16 dan Kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47,  sudah dilaksanakan masing-masing Desa/kelurahan se-Kecamatan Kuwus, dengan melibatkan semua warga Desa/Kelurahan “Masing-masing Desa/Kelurahan telah melaksanakan berbagai kegiatan tersebut,” paparnya.

Dan untuk Tingkat Kecamatan Kuwus, 12 (duabelas) Kepala Desa/Lurah, sepakat pelaksanaannya dipusatkan di Dusun Lewat Desa Bangka-Lewat. Salah satu pertimbangan mendasarnya adalah Desa Bangka-Lewat berada di perbatasan dengan Kabupaten Manggarai.

“Ibu Wakil Bupati Manggarai Barat, dapat saya sampaikan bahwa pelaksanaan puncak kegiatan BBGRM  tingkat Kecamatan Kuwus di Desa Bangka-Lewat ini berdasarkan hasil kesepakatan semua Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Kuwus. Kita ingin, kegiatan sekali-kali dilaksanakan di perbatasan. Dan ternyata semua  Kepala Desa/Lurah setuju,” katanya.

Terkait realisasi pajak tahun 2019 untuk Kecamatan Kuwus, menurut Camat Frans Male  mencapai 61%. Terhadap Desa/Kelurahan yang belum mencapai 100%, pihak Kecamatan tetap mendorong agar  para Kepala Desa/Lurah menuntaskan tagihannya kepada semua wajib pajak yang sudah terdata.

Selanjutnya realisasi Pajak dari semua Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kuwus di serahkan Camat. Dari Camat diserahan ke Wakil Bupati Manggarai Barat  dan terakhir diserahkan ke Kepala BPKD.

Dan untuk diketahui, kegiatan yang dilaksanakan Desa Bangka-Lewat ini berlangsung meriah, dengan partisipasi dan keterlibatan semua warga Desa terutama Tu’a-tu’a adat setempat, termasuk ine-ine (Ibu) yang sudah lanjut usia. Mereka sempat membawakan nyanyian khas, dalam irama Mbata dengan judul Keker (teropong)..

Mbata ini menarik perhatian Wakil Bupati Maria Geong, selain pelakunya adalah orang tua-orang tua (erang), syair-syair yang dilantunkan syarat dengan pesan dan kritikan terutama terkait pembangunan infrastruktur di Desa Bangka-Lewat. (*)

One Response to 5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Kuwus Realisasi Pajak 2019 Capai 100%

  1. Fransiskus Ogot berkata:

    Semangat Gotong royong demi terwujudnya masyarakat yang sejahteta dan saling bahu membahu demi tercapai desa yang maju dan berkembang sesuai denvan perkembangan jaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *