Yayasan Bangkit Anak Negeri Segera Dirikan Politeknik Pariwisata di Labuan Bajo

Labuan Bajo (13/12/16)–Yayasan Bangkit Anak Negeri yang berpusat di Denpasar berencana mendirikan Sekolah Politeknik Pariwisata di Labuan Bajo dengan nama El Bajo atau Excellent Bajo. Tujuan didirikan Politeknik ini adalah dalam rangka menyelenggarakan sistem pendidikan bidang kepariwisataan yang berbasis akuntabilitas kinerja dan menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, unggul dalam pengetahuan dan keterampilan, untuk mendukung pariwisata di Manggarai Barat pada masa yang akan datang.

Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa,M.Si., mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya Yayasan Bangkit Anak Negeri yang berencana membuka Poli Tehnik Pariwisata EL Bajo di Labuan Bajo, Ibu kota Kabupaten Manggarai Barat. Pasalnya pembukaan Poli Tehnik El Bajo tersebut sekaligus mendukung langkah Pemerintah Pusat yang sudah menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata baru.

Pernyataan tersebut disampaikan Nengah, saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi Labuan Bajo menuju Smart City, di Aula Utama Kantor Bupati Manggarai Barat-NTT, hari ini Selasa (13/12/2016). Menurutnya Sektor pariwisata telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjadi sektor andalan (leading sector) penggerak ekonomi nasional untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu strategi pemerintah mencapai tujuan tersebut adalah mengembangkan 10 destinasi wisata baru.

Karena itu menurut Nengah, pengembangan dan pengelolaan destinasi baru tentu membutuhkan ketersediaan dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata yang kompeten dan berdaya saing internasional. Untuk memenuhi kebutuhan SDM pariwisata di Manggarai Barat maka Yayasan Bangkit Anak Negeri berencana membangun Poli tehnik Pariwisata yang akan dibuka dalam waktu dekat ini. “Pada prinsipnya kami sangat mendukung langkah mulia Yayasan Bangkit Anak Negeri membuka Poli Tehnik El Bajo. Sebagai bukti dukungan kami (Kopertis wilayah VIII; red), saya selaku koordinator yang membawahi 165 PT di Kopertis VIII hadir di sini,” katanya.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Bangkit Anak Negeri yang berencana membuka PT Pasiwisata. “Secara pribadi saya sangat senang dengan rencana mulia ini (buka Poli Tehnik; red). Setidaknya kerinduan masyarakat Manggarai Barat akan sebuah Perguruan Tinggi (PT), bisa terjawab,” kata Bupati.

Menurut Bupati 2 (dua) periode ini, hadirnya Perguruan Tingi ini tentu sangat membantu putra/putri Manggarai Barat yang ingin melanjutkan studi pasca SLTA.  Politeknik Pariwsata ini pasti segera didirikan karena ada jaminan yang sudah disampaikan oleh Koordinator Kopertis Wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa,M.Si “Saya merasa yakin PT ini segera hadir di Labuan Bajo, karena adanya jaminan dan Kopertis wilayah VIII,” jelas Bupati yang mendapat aplaus dari semua udangan yang hadir.

Bupati yakin kehadiran PT ini akan membawa dampak positif terutama dari sisi keuangan. Setidaknya  uang yang beredar di Manggarai Barat tidak dibawa keluar, karena banyaknya lulusan SLTA yang melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi El Bajo. Selama ini, tiap tahun ajaran baru, banyak uang yang keluar Manggarai Barat, jumlahnya mencapai miliaran rupiah yang dibawa oleh anak-anak yang ingin melanjutkan studi di luar Manggarai Barat. Namun kedepan tren ke luar ini akan berakhir seiring beroperasinya Politeknik El Bajo.

Sedangkan kepada pihak Yayasan Bangkit Anak Negeri  yang diwakili oleh Ibu Novi dan Theresia, Bupati berjanji untuk membantu mempermudah rekomendasi berkaitan dengan proses perijinan. “Jika membutuhkan rekomendasi dan perijinan dari Pemerintah Daerah Manggarai Barat, kami siap bantu,” kata Bupati menutup sambutannya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *