Wabup Maria: Tujuan Penting Olahraga adalah Agar Tubuh Sehat dan Kuat

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph. D mengatakan tujuan penting dari olahraga adalah agar tubuh sehat dan kuat, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan. Ada semboyan Mens sana in corepore sano yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, karenanya kita harus berolahraga agar sehat.

“Dengan raga yang sehat berbagai tantangan bisa kita hadapi dan akhirnya bisa meraih kesuksesan. Olahraga merupakan salah satu unsur penting dalam hidup sehat. Kita harus membangun tubuh untuk menghadapi berbagai tantangan,” demikian Wabup Maria Geong dihadapan 344 orang siswa/i, saat membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD-SMP tingkat Kabupaten Manggarai Barat, di Lapangan SMAK St. Ignatius Loyola, Selasa (14/05) pagi.

Menurut Wabup, kesuksesan seseorang juga sangat ditentukan oleh kondisi tubuh. Orang sukses itu biasanya sehat, jarang ada orang yang tidak sehat itu sukses. Dan kuncinya adalah rajin berolahraga. “Kalau sering berolahraga pasti kita sehat. Dengan demikian kita dapat meraih prestasi-prestasi yang lebih baik dimasa yang akan datang. Dan kebiasaan olarhraga itu harus mulai dari usia dini, dimulai dari sekarang”, ungkapnya.

Wabup perempuan pertama di NTT ini juga menyatakan bahwa penyelenggaraan O2SN merupakan ajang yang tidak hanya berorentasi pada kejuaraan, akan tetapi kegiatan ini mempunyai ensensi pada nilai pendidikan. Nilai pendidikan yang dimaksud adalah jadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar terutama dalam hal olah pikir, olah hati, olah rasa dan pengembangan sikap kepribadian sehingga sekolah dapat melahirkan siswa/siswi yang tahu menghormati, menghargai, sportifitas dan toleransi.

Dia juga minta, agar kegiatan O2SN yang diselenggarakan setiap tahun tidak hanya berorentasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar. Dalam perlombaan O2SN, kalah atau menang bukanlah tujuan, tetapi hasilnya dijadikan motivasi siswa/siswi dalam rangka mencapai tujuan dalam pendidikan.

“Kalah atau menang dalam pertandingan atau perlombaan dalam O2SN bukalah tujuan, akan tetapi dihadikan motivasi dalam rangka mencapai tujuan”, tegasnya seraya berharap agar panitia, wasit dan tim juri dan kontingen dari 12 kecamatan untuk menjujung semangat sportifitas yang tinggi dengan tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan O2SN.

Pada kesempatan itu, Wabup Maria Geong menyinggung kebiasaan-kebiasaan buruk siswa/siswi baik SD maupun SMP saat ini seperti perilaku mem-bully sesama teman. Dikatakannya, mem-bully sesama teman itu merupakan sikap tidak terpuji.  Sebagai pelajar, hendaknya mengedepankan sikap yang ramah, peduli dan sportif.

“Jangan karena ada teman kita yang prestasi akademiknya kurang baik, lalu kita bebas mem-bully dia. Itu sikap yang tidak terpuji. Sebagai pelajar kita harus sportif, kita harus mengerti bahwa ada teman teman kita yang lain yang memiliki kemampuan masing-masing. Karna itu kita tidak boleh bully sesama teman,” pintanya.  (Tian Candra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *