Wabup Maria: Pembangunan Jalan Pantura Manggarai Barat, Urgent dan Mendesak

Lombok – Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D., mengatakan bahwa pembangunan Jalan Pantai Utara (Pantura) yang menghubungkan Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai sifatnya ungent dan mendesak. Karena itu, diharapkan pembangunan jalur Pantura terus dilaksanakan dan menjadi prioritas.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Manggarai Barat saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dukungan Pemerintah Daerah dalam rangka Percepatan Pengembangan Kawasan pariwisata Mandalika dan Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores, di Lombok Raya Hotel, Lombok, Selasa (09/07). “Jalur Pantura bagi kami sangat urgen dan mendesak mengingat jalur itu merupakan urat nadi perekonomian di Manggarai Barat,”ungkapnya.

Dikatakannya bahwa jalur Pantura merupakan akses utama menuju dermaga niaga (bongkar-muat) yang rencana pembangunannya di Bari Kecamatan Macang Pacar. Seiring hampir rampungnya pembangunan Kawasan Terpadu Marina, maka pembangunan Dermaga bongkar muat harus beriringan dengan pembangunan jalan Pantura.

Dalam kesempatan ini juga, Wabup Maria menyampaikan masalah kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Labuan Bajo. Wabup Maria meminta kepada Pemerintah Pusat untuk serius menyikapi hal ini. “Sebentar lagi kita akan dihadapkan musim penghujan. Bagi kami di Manggarai Barat, musim hujan merupakan momok. Sebab ancaman terbesar adalah longsor. Dan apabila terjadi longsor di jalan Nasional Trans Flores maka akibatnya pasokan BBM ke Labuan Bajo terhambat yang mengakibatkan matinya gerak pariwisata di Labuan Bajo,” paparnya.

Sementara itu terkait permintaan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap upaya pemerintah pusat mendukung pengembangan pariwisata Labuan Bajo Flores, Wakil Bupati Maria Geong mengungkapkan bahwa pemerintah Manggarai Barat akan memperlancar segala bentuk Perizinan, Pembebasan lahan, Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR).

“Kami selaku Pemerintah Daerah tentunya berterimakasih dengan upaya Pemerintah Pusat dalam mendukung pengembangan pariwisata Labuan Bajo-Flores. Oleh karenanya pemerintah Manggarai Barat akan mendukung dengan memperlancar segala bentuk perizinan, merevisi RTRD dan RDTR maupun menyiapkan lahan yang diperlukan serta mengupayakan pembebasan lahan,” ungkapnya. (Tian Candra)

2 Responses to Wabup Maria: Pembangunan Jalan Pantura Manggarai Barat, Urgent dan Mendesak

  1. Yohanes Darsum berkata:

    Saya sngat setuju ide briliantx bu wabup

  2. Reny jaiman berkata:

    Tolong juga perhatikan jalan arah welak dari cabang wol menuju orong yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah Kab. Manggarai…saat kondisi sekarang angkutan umum berupa travel harus menurunkan penumpangnya bila melewati bebwrapa titik jalan yg sngat sulit..sekali tolong diperhatikan juga…. Terimakash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *