Wabup Maria Geong: Sertifikat Tanah merupakan Alat Bukti yang Kuat

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong,  Ph.D, mengatakan sertifikat Tanah dalam kepemilikan tanah merupakan sesuatu yang penting untuk pembuktian kepemilikan hak atas bidang tanah. Sertifikat Tanah merupakan alat bukti yang kuat.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Bupati Maria Geong, saat membuka kegiatan sosialisasi pertanahan yang diselenggarakan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Manggarai Barat di  Aula Setda Manggarai, Kamis (30/11). Hadir Sekda Manggarai Barat, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Kantor Pertanahan Manggarai Barat serta beberapa pimpinan OPD lingkup Pemda Manggarai Barat. sementara  peserta kegiatan  sosialisasi ini adalah para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Manggarai Barat.

Menurut Wabup Maria Geong, sertifikat tanah merupakan  hak setiap warga negara dan karena itu negara harus hadir untuk memberikan jaminan kepada setiap warga Negara tanpa terkecuali. Tujuannya tentu agar terjaminnya kepastian hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah dalam bentuk sertifikat. “Saya perlu tekankan bahwa sertifikat tanah sangat penting manfaatnya, karena dengan adanya sertifikat akan terjamin kepastian hukum,” ungkapnya.

Lebih lanjutnya dijelaskannya, dalam mendapatkan sertifikat tanah sangat dibutuhkan peran pemangku kepentingan. Pasalnya pemangku kepentingan turut bertanggungjawab terhadap kebenaran surat-surat dan dokumen yang berhubungan dengan tanah baik pada proses maupun pada saat sertifikat itu diperoleh.

“Saya harap, kita harus cermat dalam mengurus yang namanya sertifikat. Ingat, konflik-konflik tanah yang berakhir dengan baku bunuh itu berawal dari klaim-klaim atas tanah. Jangan lagi ada baku bunuh hanya karena ada klaim atas tanah sehingga menimbul persoalan huku,” harapnya.

Aparatur negara harus hadir melayani dengan penuh  ramah, sebagaimana Visi Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat. Ramah menjalankan Birokrasi, Ramah dalam pemenuhan hak masyarakat termasuk dalamnya hak untuk memiliki sertifikat tanah. “Karna itu Badan Pertanahan, Camat, Kepala Desa/Lurah serta tokoh masyarakat yang terlibat dalam urusan tanah untuk benar-benar serius dan konsen untuk urusan tanah,” tegas Wakil Bupati perempuan pertama di provinsi NTT ini.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas PRKPP, Solus Rafael menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan sosialisasi pertanahan ini adalah Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah dan Perbup nomor 64 tahun 2016 tentang penjabaran tugas pokok dan fungsi dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat.

Dijelasknnya, Visi Dinas PRKPP adalah Terwujudnya Pemukiman Perkotaan dan Pedesaan yang Layak dan Berkelanjutan. Sehingga terkait kegiatan sosialisasi pertanahan hari ini merupakan salah satu langkah Dinas untuk mewujudkan visi tersebut. “Kegiatan sosialisasi dengan tema “Optimalisasi Peran Pemangku Kepentingan Dalam Mendukung Kegiatan Pendaftaran Tanah Di Kabupaten Manggarai Barat, merupakan langkah Dinas untuk mewujudkan visi tersebut di atas,” katanya. (7c/**)

2 Responses to Wabup Maria Geong: Sertifikat Tanah merupakan Alat Bukti yang Kuat

  1. Yudi wahyono berkata:

    Kerja bagus. Agar lebih bagus & tambah mantap lagi, diharapkan Agar Dinas terkait tidak melanggengkan kerja sama dengan calo-calo tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *