Wabup Maria Geong, Pimpin Upacara Bendera HUT Korpri ke 47

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD., menjadi inspektur dalam Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke 47 tingkat Kabupaten Manggarai Barat yang berlangsung di halaman kantor Bupati Manggarai Barat, Kamis (29/11). Upacara bendera dilaksanakan tepat pukul 07.30 Wita dan diikuti ratusan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Honorer lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Diawali dengan laporan periwira Upacara, Drs. Selasa Paulus (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Manggarai Barat), Wakil Bupati Maria Geong memasuki mimbar utama. Setelah  memasuki mimbar utama, Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat, Stefanus Salut, S.Sos., yang bertindak sebagai komandan upacara memberi aba-aba untuk memberikan penghormatan kepada inspektur upacara.

Upacara berlangsung lancar dan khidmat. Jika dalam perayaan-perayaan hari-hari besar Nasional sebelumnya kelompok Paduan Suara dari SMA yang ada di kota Labua Bajo, dalam peringatan HUT Korpri Kelompok Paduan Suara adalah ASN dan Honorer Lingkup Pemkab Manggarai Barat. kelompok Paduan Suara Korpri ini menyanyikan semua lagu dengan baik dan merdu.

Saat Amanat, Wakil Bupati perempuan pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) selaku penasihat Nsaional Korpri. Dalam sambutan tersebut Presiden Jokowi seperti disampaikan Wabup Maria mengatakan selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran ASN telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman.

Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran Aparatur Sipil Negara juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

“Atas peran-peran besar tersebut, atas nama seluruh rakyat lndonesia saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Apa yang telah kita capai sampai hari ini, tidak terlepas dari peran serta jajaran Aparatur Sipil Negara yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di lndonesia serta peruvakilan di luar negeri,” kata Jokowi.

Dikatakannya, upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus selalu ditingkatkan. Karena ASN dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

“Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama peng-komputer-an dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN,” jelasnya.

Menurut Presiden Jokowi, Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban ASN jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. “Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Oleh karena itu ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, diminta untuk tidak terjebak pada ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. “Semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin Aparatur Sipil Negara bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” jelasnya.

Dalam sambutan tersebut, Presiden sempat memaparkan program prioritas dalam empat tahun terakhir. “Perlu saya sampaikan di sini bahwa dalam 4 tahun terakhir ini, pemerintah telah memberikan prioritas besar kepada pembangunan infrastruktur. Dengan cara ini, pemerintah membuka keterisolasian, membangun konektivitas, memperkokoh persatuan nasional, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, serta membangun sentra sentra ekonomi baru,” paparnya.

Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumberdaya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat.

Diakir sambutan, Wabup Maria Geong menyampaikan ucapan selamat Ulang tahun Korpri terutama untuk segenap warga Korpri Manggarai Barat. “Kepada seluruh anggota Korpri, terutama yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 47, junjung tinggi Panca Prasetya Korpri, dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi,” ucap Wabup Maria Geong. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *