Wabup Maria Geong: Peran Asesor Sekolah/Madrasah Sangat Strategis

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D mengatakan peran Asesor Sekolah/Madrasah sangat strategis dalam pelaksanaan visitasi sekolah yang bermutu. Mengingat, keberadaan Asesor sangat menentukan terwujudnya pelaksanaan akreditasi yang bermutu. Apabila Asesor bermutu maka kualitas pendidikan pasti lebih terjamin.

“Peran Asesor Sekolah/Madrasah sangat strategis dan merupakan pilar penting dalam pelaksanaan visitasi Sekolah yang bermutu. Ketersediaan jumlah asesor yang memadai di setiap BAN-S/M Provinsi akan memperlancar pelaksanaan akreditasi Sekolah/Madrasah”, ungkap Wabup Maria Geong dihadapan 50 peserta saat pembukaan Diklat Calon Asesor BAN-S/M zona Flores, di Hotel Luansa, Rabu (15/05) sore.

Wabup Maria berharap diklat ini mampu menghasilkan asesor yang memiliki kwalitas yang mumpuni dan mempunyai integritas yang tinggi. Karena itu para peserta Diklat untuk mengikuti dengan baik materi-materi yang disampaikan para narasumber.
“Saya berharap Diklat ini bisa menghasilkan Asesor yang mempunyai kemampuan memahami perangkat akreditasi lintas jenjang, mampu menggunakan aplikasi sistem penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M), memiliki kemampuan untuk melaksanakan visitasi secara profesional dan memiliki integritas serta bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya sebagai Asesor”, harapnya.

Pada kesempatan itu, Wabup secara khusus menyoroti banyak Sekolah/Madrasah di Kabupaten Mabar belum semua terakreditasi. Dia mencatat, terdapat 107 Sekolah/Madrasah yang belum terakreditasi dan 169 Sekolah/Madrasah harus re-akreditasi.
Terhadap 107 Sekolah/Madrasah yang belum terakreditasi dan 169 Sekolah/Madrasah re-akreditasi yang menjadi sasaran akreditasi tahun 2019 terutama di Kabupaten Manggarai Barat, Wabup berharap agar Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Mabar bersama Asesor yang sudah ada maupun yang akan menjadi asesor untuk memotivasi Sekolah/Madrasah yang menjadi sasaran akreditasi tahun ini.

“Saya minta Dinas PKO Mabar dan para asesor terus memotivasi Sekolah/Madrasah yang belum terakreditasi di Manggarai Barat sejumlah 107 Sekolah/Madrasah dan 169 berstatus re-akreditasi. Jumlah ini sangat signifikant”, pintanya.

Kepala Dinas PKO Mabar, Drs. Bernadus Dandur, MM., yang hadir dalam kegiatan ini menyatakan kesiapannya untuk menuntaskan Sekolah/Madrasah yang belum terakreditasi dan yang re-akreditasi.

Menurut Dandur, Asesor dan Calon Asesor yang ada di Manggarai Barat akan didorong untuk menuntaskan proses akreditasi 107 Sekolah/Madrasah termasuk 169 Sekolah/Madrasah yang re-akreditasi. (Tian Candra/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *