Wabup Maria Geong: Kegiatan BBGM, HKG PKK, Harganas, TTG, HKN dan BSP merupakan Agenda Rutin

Lembor – Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., mengatakan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-15, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46, Hari Keluarga Nasional ke-25, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-2, Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-71 dan Bulan Sadar Pajak (BSP) merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas Pemerintah, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan. Tujuannya adalah agar baik Pemerintah maupun masyarakat bisa berjalan bersama untuk memuwujudkan Manggarai Barat yang RAMASE (Ramah, Maju dan Sejahtera).

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Maria Geong, saat memberikan sambutan pada puncak Kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-15, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46, Hari Keluarga Nasional ke-25, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-2, Hari Koperasi Nasional ke-71 dan Bulan Sadar Pajak yang diselenggarakan di Lapangan Kaka Botek Kecamatan Lembor, Kamis (26/07). “Salah satu Tujuan utama dari berbagai kegiatan yang telah kita laksanakan selama 3 (tiga) hari ini adalah agar baik Pemerintah maupun masyarakat bisa berjalan bersama untuk memuwujudkan Manggarai Barat Ramah, Maju dan Sejahtera,” katanya.

Dijelaskannya, Pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita. Yang mana tujuannya, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan semangat dan jiwa gotong royong yang telah mulai luntur dalam dinamika masyarakat yang modern. Sedangkan Pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang selama ini dilaksanakan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga, karena keluarga merupakan sendi dasar kehidupan masyarakat.

Selain itu, jelas Wabup Maria Geong, Gotong Royong merupakan Intisari Pancasila. Tanggung jawab untuk membangun bangsa ke depannya harus berawal dari musyawarah. Dan Bulan Bhakti Gotong Rotong merupakan momentum untuk menyadarkan kita semua sebagai anggota masyarakat akan arti penting dari semangat gotong royong. ”Pencanangan BBGRM merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita,” tandasnya.

Hal lain yang dijelaskan Wabup Maria Geong adalah terkait penetapan Kabupaten Manggarai Barat sebagai destinasi pariwisata utama. “Kita ketahui bahwa Kabupaten Manggarai Barat telah terpilih dan di tetapkan sebgai salah satu tujuan destinasi wisata utama. Hal ini adalah anugerah yg luar biasa karea Pemerintah Pusat dan Dunia Internasional memberi perhatian  yang besar terhadap daerah kita,” jelasnya.

Sedangkan mengenai Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 dimasudkan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia terutama di Kabupaten Manggarai Barat, akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara, serta memantapkan dan mengarahkan kekuatan itu sebagai perisai untuk menghadapi masalah yang terjadi.

Dalam peringatan Harganas XXV tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Hari Keluarga: Hari Kita Semua’ dan membawa tagline ‘Cinta Keluarga Cinta Terencana’. Supaya bisa lebih dinikmati oleh masyarakat luas, perayaan tahun ini dikemas dengan acara yang ditujukan untuk kebersamaan. BKKBN Sahabat Keluarga Indonesia untuk menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia. “Peringatan Harganas adalah momentum untuk meningkatkan kembali akan pentingnya keluarga sebagai tempat persemaian putra putri kita dalam membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai sosial budaya di dlm keluarga,” jelasnya.

Begitu dengan tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) ke 2. Pemaanfaatan TTG harus menjadi kebutuhan utama bagi setiap lapisan masyarakat. Dalam upaya mengatasi kesulitan untuk mencapai hasil produksi secara maksimal di berbagai bidang. Selain itu kegiatan  hari ini juga dipadukan denghan HUT Koperasi yang ke 71 dengan tema Penguatan Koperasi mendukung ekonomi nasional dengan sub tema Gerakan Revolusi Mental Satu Desa Satu Koperasi dalam rangka mendukung Ekonomi Masyarakat Desa serta kegiatan pencanangan bulan sadar pajak. Kegiatan ini bertujuan utk memotivasi masyarakat wajib pajak di Kabupaten Manggarai Barat untuk taat dan sadar  membayar pajak, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan.

Untuk diketahui kegiatan di Lapaangan Kaka Botek Lembor, juga diisi dengan pameran-pameran produk dari berbagai OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggaarai Barat. (Very Kusuma/**)