Wabup Maria Geong: Kecerdasan Otak Anak, ditentukan Gizi Keluarga

Werang-Sano Nggoang (18/01) Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD., mengatakan pembentukan kecerdasan otak anak sejak dalam kandungan sampai dengan usia lima tahun sangat ditentukan oleh gizi. Karena itu, sangatlah penting  untuk memperhatikan kebutuhan gizi keluarga terutama Kebutuhan gizi ibu hamil.

Pasalnya, kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga terkena komplikasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Maria Geong, saat menghadiri acara Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Sano Nggoang dan Serah Terima Jabatan Camat Kecamatan Sano Nggoang di Werang, Senin lalu (16/01).“Asupan makanan yang bergizi amat penting untuk si kecil agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Karena itu pastikan bahwa menu yang disajikan bagi si kecil memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya,” jelasnya.

Dikatakannya, di usia anak memasuki usia pra sekolah dan mempunyai risiko besar terkena gizi kurang. Pada usia ini anak tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga membutuhkan zat gizi yang lebih banyak, sementara mereka mengalami penurunan nafsu makan dan daya tahan tubuhnya masih rentan sehingga lebih mudah terkena infeksi dibandingkan anak dengan usia lebih tua. Karena zat gizi yang mereka perlukan adalah Karbohidrat. Karbohidrat  berfungsi sebagai penghasil energy bagi tubuh dan menunjang aktivitas anak yang mulai aktif bergerak.

Sementara itu Kepada Camat Sano Nggoang dan para Kepala Desa yang hadir, Wakil Bupati Manggarai Barat berpesan agar bekerja mengikuti rambu-rambu dalam undang-undang dan peraturan-peraturan yang ada. Pemimpin juga merupakan pelayan sehingga harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat tanpa mengabaikan prosedur pelayanan yang benar.

Di samping itu dijelaskannya pemimpin juga harus mampu membangun dengan harga diri. Pembangunan yang berkualitas, akan menunjukan kualitas diri seorang pemimpin sehingga di sana harga diri dipertaruhkan. Dan pembangunan yang berkualitas itu, harus berbasiskan data. Sebagai contoh usulan Musrenbang haruslah berdasarkan RPJMDes dan RKPDes yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Pembangunan berbasiskan data ini sangatlah penting. Selain bermanfaat bagi masyarakat, juga sebagai antisipasi jika dikemudian hari ada pihak yang mempermasalahkan pembangunan yang telah dilakukan,” tegasnya. (Silvester Masur/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *