Wabup Maria Geong: Gala Desa Ajang Pencarian Atlet Berbakat

Labuan Bajo – Program Gala Desa yang digulirkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI juga diselenggarakan di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Acara pembukaan berlangsung di lapangan Sepak Bola Sekolah Menengah Atas Agama Katolik (SMAAK) St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, sore ini (12/12). Hadir dalam acara pembukaan Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., Asisten Pemerintahan dan Kesra, Agustinus Hama, SH., dan pejabat dari Kemenpora.

Wabup Maria Geong dalam sambutannya menjelaskan Gala Desa merupakan program Kemepora yang mempunyai tujuan mulia yakni mencari bibit-bibit berbakat dalam bidang olahraga. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Pusat khusus Kemepora yang menggagas program Gala Desa ini.

“Banyak Anak bangsa yang berada jauh di daerah terpencil yang memiliki bakat, kemampuan dan ketrampilan berolahraga namun mereka tidak memiliki akses dan kesempatan untuk menunjukan kemapuan yang mereka miliki. Dengan adanya program Gala Desa ini, tentu sangat membantu karena menyentuh langsung masyarakat yang mempunyai kemampuan,” tegasnya.

Menurut Wabup Maria Geong, Gala Desa harus dimaksimalkan fungsinya, dalam rangka mendapatkan bibit-bibit atlet berbakat. “Program ini adalah langkah nyata Kemenpora yang menjalankan instruksi Presiden RI Joko Widodo, agar membangun olahraga dari bawah, dari desa, dari pinggiran,” ujarnya.

Dirinya yakin, banyak bibit atlet potensial yang bisa lahir dari Manggarai Barat. Apalagi, minat olahraga dari anak-anak Manggarai Barat cukup tinggi, terlihat dari peserta yang hadir dan acara pembukaan Gala Desa ini. “Saya yakin dari peserta yang ada pada sore hari ini, akan ada bibit-bibit potensial,” imbuhnya.

Sedikitnya ada 6 (enam) cabang olahraga yang dipilih dan dipertandingkan dalam Gala Desa. Keenam cabang itu adalah Sepak Bola, Sepak Takraw, Bola Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, dan Atletik.

Seperti dalam acara Deklarasi Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang tidak banyak dihadiri pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, acara pembukaan Gala Desa juga tidak dihadiri pimpinan OPD. Padahal menurut panitia dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, khususnya Bidang Olahraga, undangan sudah dikirim ke tiap-tiap OPD.

Namun demikian, acara pembukaan tetap meriah dan semarak dengan adanya penampilan Display Drum Band SMAAK St. Ignatius Loyola dan Tarian anak-anak SD. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *