Wabup Manggarai Barat: Gotong-Royong Sebagai Kekuatan Bangsa

Kasong, Ndoso  РWakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D mengatakan bahwa Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) merupakan momentum untuk menyadarkan kita tentang arti pentingnya gotong royong sebagai kekuatan bangsa. Kekuatan yang mempersatukan seluruh elemen anak bangsa dalam menyukseskan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan kehidupan masyarakat.

Hal ini dikatakan Wabup Maria Geong saat memberikan sambutan dalam acara Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-16, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Gelar Teknologi Tepat Guna ke-3, Hari Keluarga Nasional ke-26, Hari Koperasi dan Pencanangan Bulan Sadar Pajak tingkat Kecamatan Ndoso di Desa Kasong, Jumat (31/05).

“Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM) ke 16 tingkat Kecamatan Ndoso yang akan kita canangkan hari ini merupakan momentum untuk menyadarkan kita tentang arti pentingnya gotong royong sebagai kekuatan bangsa,” ucapnya.

Menurut Wabub, gotong-royong perlu didukung dengan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, sebab kedua hal tersebut selaras dengan arah dan kebijakan pembangunan nasional yang memposisikan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga menjadi program yang strategis.

“Dalam arah pembangunan nasional telah meletakan pembedayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga sebagai program strategis nasional melalui penerapan prinsip dasar keswadayaan dan kemandirian masyarakat dalam PKK guna menggali, mengelola dan mengembangkan potensi lokal sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” tegasnya.

Wabup Maria juga berharap agar masyarakat mau bekerja sama dengan pemerintah untuk mengawal pembangunan di Manggarai Barat. “Pemerintah Daerah, sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi masyarakat, dunia usaha untuk mengingatkan kembali semangat gotong-royong. Terutama dalam pelaksanaan, pengawasan maupun pemeliharaan hasil-hasil pembangunan di Manggarai Barat demi tercapainya Kabupaten yang Ramah, Maju dan Sejahtera,” harapnya.

Sementara itu terkait peringatan hari keluarga ke 26 tingkat kecamatan Ndoso, dia mengatakan bahwa peringatan hari keluarga merupakan momentum untuk mengingatkan kita akan pentingnya keluarga dalam membangun karakter dan nilai-nilai sosial budaya termasuk nilai gotong-royong di dalam keluarga.

“Kewajiban keluarga adalah menciptakan nilai-nilai kepribadian untuk membentuk nilai-nilai luhur bangsa yang akan menjadi bekal anak-anak yang nantinya akan turun dimasyarakat. Semangat gotong royong harus dipupuk sejak dini dalam keluarga” ungkapnya.

Wabup mencontohkan bahwa membayar pajak adalah bentuk konkrit dari kesadaran akan penerapan nilai gotong royong. Infrastruktur jalan, jembatan, rumah sakit, dan fasilitas publik lainya adalah aplikasi dari kesadaran setiap keluarga membayar pajak. “Semangat membayar pajak sesungguhnya adalah aplikasi nyata dari gotong-royong. Pajak yang dibayar oleh setiap keluarga digunakan untuk membangun fasilitas publik seperti jalan, jembatan, rumah sakit dan fasilitas publik lainya adalah buah semangat gotong-royong, ” tegasnya.

Dalam kegiatan ini, Wabup menyerahkan sejumlah bantuan peralatan pertanian kepada masyarakat masyarakat setempat. Dan untuk diketahui Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-16, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Gelar Teknologi Tepat Guna ke-3, Hari Keluarga Nasional ke-26, Hari Koperasi dan Pencanangan Bulan Sadar Pajak tingkat Kabupaten Manggarai Barat akan dilaksanakan di Werang Kecamatan Sano Nggoang, akhir bulan Juni mendatang. (Tian Candra/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *