Wabup: Anggota Korpri Miliki Peran Sentral dalam Menentukan Penyelenggaran Pemerintahan

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D, mengatakan anggota Korps Pegawai Negeri (Korpri) memiliki peran sentral dalam menentukan jalannya penyelenggaraan pemerintahan. Baik dan buruknya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat sangat tergantung pada kualitas kerja Korpri.

Hal ini dikatakan Wabup Maria Geong saat memberikan amanat dalam apel kesadaran Korpri di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Jumat (17/05). “Saya menilai bahwa Korpri memiliki peran yang sangat sentral dalam menentukan jalannya penyelenggaraan Pemerintahan. Baik buruknya penyelenggaraan pemerintahan sangat tergantung kualitas kerja anggota Korpri”, ungkapnya.

Ditegaskannya, anggota Korpri harus menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan menjadi teladan. Selain itu, seorang anggota Korpri juga harus berintegritas baik. “Dalam kunjungan kerja ke kampung-kampung saya sering mendengar keluhan dari masyarakat terutama terkait pelayanan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan E-KTP. Hal itu menunjukan kinerja kita sebagai anggota Korpri belum maksimal,” tandasnya.

Ada warga masyarakat yang rumahnya bagus tapi mendapat PKH, dan ada yang rumahnya memprihatinkan akan tetapi tidak mendapat PKH. Begitu juga dengan lansia yang tidak mendapat pelayanan E-KTP. Hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi. Tugas anggota Korpri monitor dan pastikan warga masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik. Korpri harus mempunyai integritas dan tidak boleh tebang pilih dalam pelayanan,” tegasnya.

Hal lain, Wabup perempuan pertama di NTT menyoroti soal rendahnya kesadaran akan kebersihan. Saat sidak ke Dinas-dinas, masih ditemukan sampah berupa plastic dan punting-puntung rokok di sekitar kantor. Termasuk di dalam ruangan kerja, abu rokok bertebaran di lantai.

Terhadap hal ini, Wabup berharap agar anggota Korpri disiplin dan menjaga kebersihan. Namun disipilin dan kebersihan, harus dimulai dari pribadi masing-masing. “Kita tidak mungkin bisa mendisiplinkan orang untuk bersih kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri. Oleh karna itu saya berharap anggota Korpri harus menjadi promotor utama dalam menjaga kebersihan,” katanya.

Apel Kesdaran yang dimulai pukul 07.00 WITA ini hanya dihadiri sekitar 600 pegawai dari 1500. Tampil sebagai Komandan Upacara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai Barat, Ir. Oktavianus Andi Bona. (Tian Candra/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *