Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Strategi dan Kebijakan

VISI

“TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA DI BIDANG ADMINISTRASI UMUM YANG BERIMAN,MODEREN BERBASIS KEARIFAN LOKAL”

penjelasan visi:

  • Pelayanan Prima : Memberlakukan standart pelayanan prima dibidang Administrasi umum
  • Beriman : Mewujudkan lingkungan kantor yang Bersih, Indah, Aman dan Nyaman
  • Modern : Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mewujudkan pelayanan Prima di bidang Administrasi Umum
  • Kerarifan lokal : Menciptakan lingkungan kantor yang berbudaya Manggarai

Misi

  1. Melaksanakan penataan administrasi perkantoran secara cepat dan tepat.
  2. Melaksanakan penataan urusan perlengkapan dan Rumah Tangga kantor secara prima yang beriman berbasis kearifan lokal.
  3. Melaksanakan pelayanan prima di bidang keprotokolan dan Humas.

Tujuan

Tujuan merupakan penjabaran dari misi, dan misi merupakan sesuatu yang akan dicapai pada kurun waktu tertentu. Tujuan yang ingin dicapai Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat antara lain:

  1. Mewujudkan pelayanan administrasi perkantoran yang efektif, cepat dan tepat
  2. Optimalisasi sarana dan prasarana kerja guna peningkatan ketertiban urusan dalam, kebersihan dan pemeliharaan kantor.
  3. Meningkatkan Kualitas Disiplin Aparatur Penda
  4. Meninggkatkan Kapasitas Sumber daya Aparatur
  5. Meningkatkan Pelayanan kedinasan Kepala Daerah dan Wakil kepala Daerah melalui keprotokolan dan kerumahtanggaan.

Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu. Sasaran yang ingin dicapai Bagian Umum yaitu :

  1. Terciptanya tertib administrasi perkantoran di lingkungan sekretariat Kabupaten Manggarai Barat.
  2. Tersedianya dan terpeliharanya sarana dan prasarana kerja aparatur sesuai dengan kebutuhan.
  3. Meningkatkan kemampuan aparatur yang dibutuhkan dalam tata cara kepemerintahan yang baik.
  4. Tersedianya data informasi dan telekomunikasi untuk kelancaran kegiatan Pimpinan.

Strategi

Dalam rangka mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan, maka disusun strategi melalui upaya :

  1. Tingkatkan pengetahuan di bidang administrasi Perkantoran
  2. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
  3. Melakukan kontrol disetiap lingkungan kerja.
  4. Meningkatkan pengetahuan di bidang keprotokoler
  5. Menyediakan perangkat komunikasi yang baik dan tepat.

Kebijakan

Kebijakan adalah arah atau tindakan yang diambil oleh pemerintah daerah (organisasi) untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini merupakan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk Kebijakan dalam Renstra Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat selama 5 tahun kedepan adalah :

  1. Meningkatkan kualitas SDM di bidang Administrasi Perkantoran
  2. Mengoptimalkan pelayanan prima di bidang urusan perlengkapan dan rumah tangga kantor yang baik dan efisien
  3. Menjaga kenyamanan di lingkungan kerja
  4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang Keprotokoler.
  5. Mengoptimalkan pelayanan prima dalam berkomunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *