VARANUS KOMODOENSIS

Satwa Komodo (Varanus komodoensis) termasuk reptilia terbesar di dunia. Satwa ini dapat mencapai panjang badan 3meter atau lebih dan berat di atas 70 kg. Mangsa utamanya ialah rusa, tetapi ia juga makan babi hutan, kerbau, kuda, keraberekor panjang, anjing, kambing, telur penyu dan telur burung, aneka burung, serta binatang kecil lainnya. SedangkanSatwa yangmuda memakan serangga. Selainitu Komodo lebih suka makan bangkai, dan bersifat kanibal (memakananggota spesiesnya sendiri).

Airliur satwa Komodo sangat septik dan binatang yang digigitbiasanya mati dalam waktu seminggu disebabkan oleh keracunan darah. Satwa Komodo menggunakan petunjuk bau untuk menemukan mangsanya, dan biasanya menghadang ataumenyerang binatang yang sedang tidur. Jika mereka tidak dapat membunuh mangsanya segera, mereka akan mengikutimangsa yang digigit dan menunggu sampai ia melemah dan mati. Mereka mampu makan sampai 80% dari bobot badansekaligus dan makan bila ada kesempatan. Untuk mencerna makanan cukup besar diperlukan waktu sekitar satu minggu.

Perkiraan konservatif tentang angka metabolik menunjukkanbahwa binatang muda perlu makan sekitar 55 g sehari, danbinatang dewasa sekitar 610 g per hari. Tidak terdapat musim kawin jelas (kopulasi diamati terjadi pada hampir sepanjang tahun), namun mereka tampakmenghindari musim hujan. Betinanya bertelur sekitar 15-30 bijidalam sarang yang dibuat dari pasir ataudaun kering sekali setahun; bagian terbesar telur terdapat pada bulan Agustus-September. Kadang-kadang, betina bertelurdi sarang burung gosong.

Masa gestasi sekitar 8 ½ bulan dan sarangnya dijaga hanya selama bulan-bulan pertama saja.Setelah menetas pada bulan Maret-April, satwa muda mandiri, kendati ukurannya kecil (rata-rata 80.3 g dan panjang 30.4cm) dan menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon untuk menghindari dimangsa oleh komodo yang dewasa, anjingliar dan babi. Strategi ini juga memungkinkan satwa Komodo muda untuk memperoleh makanan seperti telur burung, burungmuda, serangga, kadal, dsb. tanpa perlu bersaing dengan satwa dewasa.Satwa Komodo secara khas berlindung di hutan pada waktu malam, atau di gorong-gorong, dan muncul untuk berpanas dimatahari (untuk mengatur suhu badannya) di padang rumput pada siang hari. Sering ditemukan di dataran rendah,seringkali dekat pantai, tetapi juga menempati elevasi yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *