Usai dilantik 29 Desember 2016 lalu, Hari ini Camat Sano Nggoang Rayakan Syukuran

Compang-Sano Nggoang (14/01) Setelah dilantik dan diambil sumpah menjadi Camat Kecamatan Nggoang pada tanggal 29 Desember 2016 lalu, Siprianus Silfris, S.Sos., yang menggantikan Ismail Surdi, S.Pkp, hari ini, Sabtu (14/01) melaksanakan syukuran.

Syukuran dilaksanakan di Kampung Compang Desa Golo Kempo Kecamatan Sano Nggoang. Ismail Surdi sendiri saat ini menduduki jabatan sebagai Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertanian Kabupaten Manggarai Barat.

Perayaan Syukuran ini diawali dengan Perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin Pater Agustinus Naba, SVD., Kepala Sekolah SMA St. Klaus Werang didampingi dua orang Pastor lainnya.

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula dan Ketua DPRD Manggarai Barat, Blasius Jeramun, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Benediktus Banu, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Nyonya Mery Banu turut hadir dalam perayaan Syukur pelantikan ini, serta sejumlah pimpinan SKPD, tokoh-tokoh adat, masyarakat dari kampung Compang dan kampung sekitar.

Pater Agustinus, SVD., dalam kotbahnya mengingatkan kepada Camat baru Sano Nggoang tentang peran seorang Camat. Dia menjelaskan kebesaran seseorang tidak terlihat ketika ia berdiri dan memberi perintah, tetapi ketika ia berdiri sama tinggi dengan orang lain dan membantu orang lain untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka guna mencapai sukses.

Dan kebesaran seorang pemimpin terletak pada sejauh mana seorang pemimpin mampu mengajak atau menghimbau semua bawahan agar dengan penuh kemauan untuk memberikan sumbangan dalam mencapai tujuan organisasi tentu sesuai kemampuan bawahan secara maksimal.

Karena itu paling tidak ada tiga hal pokok yang memberikan ciri terhadap fungsi kepemimpinan. Yang pertama, kemampuan untuk memahami bahwa manusia itu pada hakikatnya memiliki kekuatan motivasi dalam waktu yang bervariasi serta situasi yang bebeda-beda

Yang kedua, kemampuan untuk menimbulkan semangat dan ketiga kemampuan untuk berbuat dengan cara tertentu, sehingga menciptakan suatu suasana yang merangsang lahirnya suatu respon atau motivasi.

Sementara pada tempat yang sama Bupati Manggarai Barat dalam sambutannya usai perayaan ekaristi berpesan bahwa sebagai Camat yang baru harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat untuk menjalankan roda pemerintahan di kecamatan. “Tugas pemerintahan dan kemasyarakatan dapat berlangsung dengan baik apabila ada komunikasi yang dibangun secara terus-menerus,” katanya.

Bupati mengapresiasi dukungan masyarakat Compang Desa Golo Kempo Kecamatan yang mendukung kerja Pemerintah Daerah. “Saya mengapresiasi dukungan masyarakat tarhadap Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Salah satu dukungan tersebut dibuktikan dengan kehadiran kita pada hari ini. Saya percaya warga masyarakat Sano Nggoang mendukung kepemimpinan Camat baru, saudara Silfris atau yang akrab dipanggil Very,” tandasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengharapkan agar secepatnya melakukan tugas seorang Camat. Tentu banyak pekerjaan yang menanti. Jika ada persoalan dari masyarakat, sedapat mungkin Pemerintah Kecamatan, dalam hal ini Camat harus hadir jangan sampai menghindar.

“Saya harap Saudara Camat, harus selalu hadir jika ada persoalan yang terjadi di masyarakat. Sedapat mungkin selesaikan persoalan pada tingkat kecamatan jangan bawa ke Kabupaten,” kata Bupati dua periode ini mengakhiri sambutannya.

Sekitar pukul 15.30 wita, Bupati bersama rombongan kembali Labuan Bajo untuk selanjutnya menghadiri perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 bersama warga Kaper Desa Golo Bilas Kecamatan Komodo. Selain Bupati juga hadir Wakil Bupati yang sebelum menghadiri Syukuran Pelantikan Kepala Desa Tueng, Kecamatan Kuwus. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *