Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat, Menpora Tegaskan Stop Perdebatan Yang Mengarah Pada Perpecahan Bangsa

Labuan Bajo-Peringatan Sumpah Pemuda Ke-89 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat, Senin(30/10) berlangsung di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pembina Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke-89 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat ini adalah Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Manggarai Barat menegaskan untuk menghentikan segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

” Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan ,” ungkap Menpora.

Pada kesempatan tersebut, Menpora juga mengingatkan kembali ikrar 29 Tahun lalu oleh para pemuda dari seluruh tanah air dan berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, Kwitang Jakarta. Mereka memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda. Sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Insonesia untuk bersatu demi cita-cita Indonesia.

Menpora menambahkan, terkait kepemudaan, Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2017 Tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanaan Kepemudaan.

“Melalui perpres ini, peta jalan kebangkitan pemuda Indonesia terus kita gelorakan. Bersama Pemerintah Daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, kita bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928,” jelasnya.

Hadir dalam upacara ini, Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong,P.hD., Unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Abdul Ganir,SH, Sekda Kabupaten Manggarai Barat, Rofinus Mbon, SH, M.Si, Para Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN-BUMD, Para Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD Lingkup Pemkap Manggarai Barat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh serta undangan lainnya.

Sedangkan kesatuan upacara atau peserta upacara, terdiri dari: TNI-Polri, Basarnas, Satpol PP, PNS Lingkup Pemkab Manggarai Barat, Paskibra, Pramuka, dan siswa-siswi SD,SMP serta SMA.
(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *