Terkait Persiapan Annual Meeting IMF, Sekda Mabar Hadiri Rakor Lanjutan di Jakarta

Jakarta – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Barat, Rofinus Mbon, SH., M.Si., hari ini menghadiri Rakor Koordinasi (Rakor) lanjutan pembangunan dan penataan Labuan Bajo sebagai salah destinasi wisata peserta Annual Meeting IMF-WB 2018 bulan Oktober mendatang. Kahadiran Sekda dalam Rakor tersebut sesuai perintah Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula. Bupati sendiri tidak bisa hadir, karena pada saat yang sama menerima Tim Pemeriksa dari BPK RI Perwakilan Provinsi NTT yang melakukan “Entry Meeting” Audit Pendahuluan.

Rakor Pemantapan kesiapan Labuan Bajo di Jakarta dipimpin oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B. Panjaitan dan didamping 3 orang Menteri yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budhi Karya Sumadi dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. “Rakor dipimpin langsung oleh Menko Maritim, Pak Luhut bersama tiga orang Menteri lainnya,” jelas Sekda Rofinus melalui sambungan Telpon genggam, Kamis (08/02).

Menurut Sekda Rofinus, dalam pemaparan materi yang disampaikan Menko Kemaritiman, menitik beratkan pada beberapa isu yang menjadi persoalan di Labuan Bajo. Beberapa isu antara lain pengelolaan sampah, air minum bersih, kelistrikan, akses jalan dalam kota, Bandar Udara, Pelabuhan, masalah kesehatan serta penataan obyek. “Materi yang disampaikan dan dibahas menyangkut permasalahan-permasalahan yang ada di Labuan Bajo,” jelasnya.

Hal lain yang dipaparkan Menko Kemaritiman jelas Sekda adalah pentingnya keterlibatan dari semua Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi NTT dan Pemkab Manggarai Barat untuk secara bersama-sama menyelesaikan masalah-masalah mendasar tersebut. “Intinya semua Kementerian/Lembaga, Pemprov dan Pemkab sendiri, bahu-membahu atau “keroyok” (istilah Pak Menteri), menyelesaikan semua masalah-masalah yang ada,” ujarnya.

Sedana dengan Sekda Kepala Bidang Fispra pada BP4D Manggarai Barat, Richardus Sontani, SIP., M.Si., secara rinci menjelaskan Agenda yangg dibahas dalam Rakor tersebut. Agenda yang dibahas antara lain Pembenahan Pengelolaan Persampahan di Labuan Bajo, Spot Destinasi Wisata Kepulauan dan Kawasan BTNK, Pembangunan TPS di Kawasan Kepulauan, Pembangunan IPAL Rinca, Pembangunan Pusat Daur Ulang di Labuan Bajo yang akan dibantu oleh Kementerian LHK.

Selain itu Pembenahan jalan dalam kota Labuan Bajo oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga, Pilot Project dari Kementerian  PUPR berupa pembangunan Rest Area dan Souvenir shop dengan konsep Arsitektur Nusantara; Bantuan Booster/Mesin pendorong untuk peningkatan layanan Air Minum Bersih Labuan Bajo serta perbaikan jaringan; Pembenahan Kuliner Kampung Ujung dan Jalur Pesdestrian dalam kota Labuan Bajo oleh Kemen PUPR melalui Ditjen Cipta Karya; Pembenahan kelistrikan, Penambahan Kuota BBM, Penguatan Jaringan Telekomunikasi dan Radio, Penataan Pelabuhan Labuan Bajo, pembangunan 400 titik lampu jalan, serta perbaikan fasilitas bandara komodo.

Sementara itu, Matias M. Mboi, Person In Charge (PIC) berdasarkan SK Bupati Manggarai Barat yang tinggal di Jakarta, menjelaskan Rakor lanjutan hari ini, diawali laporan hasil survey lapangan yang dilakukan pada tgl 23 – 25 Januari 2018 yang lalu. Laporan hasil survey sendiri disampaikan oleh Deputi IV bidang SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Dr. Syafrie Burhanudin.

“Rapat hari ini berlangsung sangat baik, karena diawali laporan hasil survey Lapangan dari Tim terpadu beberapa waktu lalu. Kita berharapkan, hasil survey ini betul-betul ditindak lanjuti,” jelasnya.

Dan menyangkut rapat selanjutnya jelas pria yang sering menangani kegiatan besar dari Kementerian ini dan selalu berhasil, akan dilaksanakan di Labuan Bajo, pada tanggal 03 Maret 2018. Rencananya rapat akan dipimpin langsung oleh Menko Kemaritiman lagi. “Rapat lanjutan dilaksanakan di Labuan Bajo. Rencananya Menko Kemaritiman sendiri akan hadir. Mudah-mudahan beliau tiddaka da halangan pada waktu itu,” jelasnya.

Selain Sekda, Perwakilan Pemerintah Manggarai Barat yang hadir antara Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Martinus ban, ST., Kadis Lingkungan Hidup, Drs. Yance Usman, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Teodorus Suardi, Kepala Balai TNK, Kepala Bandara Komodo, Direktur PDAM, Sekdis PUPR, Kabid Perumahan Dinas PRKPP dan Kabid Tata Ruang BP4D (**)