Sukseskan Pilgub 2018, Bupati Mabar hadiri Pelantikan Panwas Kecamatan Kuwus Barat dan Pacar

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendukung sepenuhnya upaya semua pihak baik penyelenggara maupun pengawas dalam menyukseskan pesta Demokrasi Pemilihan  Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2018 juga Pemilihan Umum (Pemmilu) serentak tahun 2019. Salah satu bukti dukungan adalah hadirnya Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch Dula serta unsur lainnya seperti Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, S. IK, M.Si, Kepala Kesbangpol, Drs. Paulus Selasa dan Utusan Partai Peserta Pemilu dalam pelantikan Pengawas Kecamatan.

Pelantikan Panwas tingkat Kecamatan yang berlangsung di Green Prundi Hotel, Minggu (15/04) ini sejalan dengan terbentuknya dua Kecamatan baru yakni Kuwus Barat dan Pacar. Pelantikan Panwas kecamatan ini berdasarkan Surat Keputusan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Manggarai Barat Nomor: 04/SK/PWS-KMB/IV/2018 tentang Penetapan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Kuwus Barat dan Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 serta Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Mereka antara lain Hironimus Hibur, Kanisius Sabar, dan Hendrikus Tabuk. Ketiganya dilantik sebagai Pengawas pemilu di Kecamatan Kuwus Barat. Sedangkan  untuk Kecamatan Pacar adalah Plafianto Jonokarjo Himpi, Gordianus Hambul dan Kosmas Ferinto Ngata. Mereka dilantik langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Manggarai Barat Simeon Sofan Sofian, S.Fil.

Pelantikan Panwas Kecamatan Sebagai Wujud Tanggung Jawab

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula menilai proses pelantikan terhadap Pengawas Pemilu pada 2 (dua) Kecamatan hasil pemekaran (Kuwus Barat dan Pacar) merupakan Wujud Tanggung Jawab untuk melahirkan pemilu yang bersih, jujur dan adil. Dan kehadiran Pemerintah dalam pelantikan ini adalah dalam rangka kebersamaan.

“Kita semua bertanggung jawab dalam penyelnggaraan pemilihan Gubernur 2018 maupun pemilihan umum 2019 agar berjalan sesuai dengan amanat Undang-Undang. Dan perlu kami tegaskan bahwa kehadiran Pemerintah dalam pelantikan ini merupakan wujud kebersamaan,”tegas Bupati saat memberi sambutan.

Terhadap pihak-pihak yang dilantik Bupati berharap agar pristiwa pelantikan ini dihayati dengan baik, Sebab tugas pengawasan bukanlah tugas mudah, jalankan tugas dengan baik, jujur, independen, jangan sampai ada titipan dari Timses atau parpol tertentu. Selain itu sebagai Pengawas tunjukan sikpa tegas, dan berani mengambil setiap keputusan.

“Saya harap agar Panwas kecamatan yang dilantik hari ini untuk menjalankan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab, jujur, independen, jangan ada titipan dari Timses atau parpol, Tegas, dan Berani mengambil keputusan”. pintanya.

Karena menurut Bupati Gusti kinerja seorang Panwas itu juga diawasi oleh publik. Dalam menjalan tugas nantinya, seorang Panwas pasti akan menjumpai banyak persoalan dan dinamika di masyarakat desa terutama menyakut Data Wajib Pilih. Terhadap hal ini dirinya menyarankan agar Panwas harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan dan Panwas Kabupaten untuk menyikapi data pemilih yang benar dan tidak benar, valid dan tidak valid, sah dan tidak sah sebagaimana yang telah ditentukan oleh UU Pemilu. (Tian Candra/**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *