Sub Bagian Humas dan Protokol Mabar Selenggarakan Bimtek Website

Sub Bagian Humas dan Protokol pada Bagian Administrasi Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Website dan Peatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Bimtek dan Pelatihan ini diikuti 20 peserta yang berasal dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat, staf Sub Bagian Humas dan Protokol serta sejumlah staf dari Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Sub Bagian Humas dan Protokol, diselenggarakan selama 2 hari yanki 25-26 November 2016.

Asisten Administrasi Umum, Agustinus Hama, SH., saat membuka kegitan Bimtek dan Pelatihan mengatakan saat ini informasi mengenai pembangunan perlu disosialisasikan dengan cepat dan murah yang salah satunya melalui website. “Pengembangan dan pengelolaan website dalam dunia internet bukan hanya menyediakan media komunikasi dua arah yang praktis dan murah, tapi juga mudah dijangkau oleh siapa saja. Apalagi sekarang ini hampir setiap orang memiliki telepon genggam yang bisa digunakan untuk mengakses internet”, jelasnya

Karena itu, demikian mantan Kabag Hukum Setda Kabupaten Manggarai Barat ini berharap dengan bimtek ini peserta yang merupakan pengelola dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat mampu meningkatkan ketrampilannya dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website Humas dan Protokol ini. “Saya berharap setelah kegiatan ini para peserta dapat memahami arti pentingnya pemanfaatan website serta termotivasi untuk mengoptimalkannya,” harapnya.

Sementara itu Kasubag Humas dan Protokol pada Bagian Administrasi Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Jeramun, S.Sos., M.Si., dalam laporannya menjelaskan semangat Reformasi Birokrasi sebagai upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik harus terus didengungkan. Di tengah semangat reformasi tersebut, organisasi public dewasa ini menghadapi dua tantangan besar yakni meningkatnya proses transmisi dan pertukaran informasi antar unit di dalam organisasi (internal pull) dan meningkatnya tekanan dari lingkungan eksternal yang menuntut tingkat partisipasi serta transparan lebih besar dalam pengelolaan pelayanan public (eksternal puss).

Dijelaskannya, misi praktis Humas Pemerintah adalah membangun citra dan reputasi positif dimana posisi humas pemerintah sebagai salah satu aparatur sipil Negara,membentuk opini publik, menampung dan mengelola pesan serta aspirasi masyarakat, serta mensosialisasikan kebijakan dan program pemerintah. Karena itu untuk menjawab tantangan sekaligus menunjang pencapaian amanah, revitalisasi, visi dan misi dalam rangka mewujudkan tata kelola  kehumasan yang baik dibidang publikasi program/kegiatan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, maka kualitas sumber daya manusia perlu terus menerus ditingkatkan sesuai tuntutan perkembangan teknologi yang terus berkembang maju.

Dikahir laporannya dia menyampaikan bahwa Bimbingan teknis Pengelolan Website dan Pelatihan Dasar Jurnlistik yang merupakan penjabaran Program Peningkatan Sumber Daya Aparatur adalah salah satu bentuk sinkronisasi dan sinergitas tugas-tugas kehumasan di kecamatan serta peningkatan pengetahuan dan ketrampilan teknis dalam rangka peningkatan pelaksnaan tugas-tugas khusus kehumasan. (Marsel Syukur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *