Sholat Idul Adha 1440 H 2019 di Labuan Bajo Berlangsung Khidmat

Labuan Bajo  – Sholat Idul Adha 1440 H 2019, yang dilaksanakan hari Minggu (11/8), di Lapangan Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo, berlangsung khidmat. Ribuan umat muslim di Labuan Bajo hadir dalam Sholat Idul adha 1440 H 2019.

Khatib Sholat Idul Adha Ustad Kamarudin. Dalam ceramah, Ustad Kamar menjelaskan bahwa Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah dikenal dengan sebuatan Hari Raya Haji. Kaum muslimin yang sedang menunaikan Haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

“Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian Ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan,” katanya.

Ust. Kamar menambahkan bahwa tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Selain dinamakan sebagai Hari Raya Haji, juga dinamakan Idul Qurban, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. “Dan bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manggarai Barat 1440 H 2019 M dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah hewan Qurban Idul Adha 1440 H 2019, untuk Sapi berjumlah 64 ekor dan kambing 72 ekor. Dengan demikian total hewan Qurban sebanyak 136 ekor, yang tersebar di sejumlah masjid yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Hewan Qurban berasal dari sejulah pihak, seperti Pemerintah Provinsi NTT menyumbangkan hewan Qurban berupa Sapi 2 ekor, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyumbang hewan Qurban berupa Sapi 4 ekor. Dan semua sudah dibagikan kebeberapa masjid yang sudah ditetapkan.

Penyerahan secara simbolis hewan Qurban sumbangan dari Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Gorontalo Desa Gorontalo Kabupaten Manggarai Barat oleh Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula. (Syarif Ab/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *