Sekda Mabar Minta, Anggota Korpri Tunjukan Sikap Netral

Labuan Bajo (08/01) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Rofinus Mbon, SH., M. Si., meminta Keluarga Besar Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) yang ada di Kabupaten Manggarai Barat untuk menunjukan sikap netral setiap ada event politik. Lebih khusus pada tahun ini karena diselenggarakannya proses pemilihan Gubernur Provinsi Nusa Tengga Timur (NTT).

“Tahun 2018 adalah tahun politik, akan berlangsung Pilkada serentak, termasuk kita di NTT akan melaksanakan Pemilihan Gubernur. Saya meminta dan mengajak kita semua sebagai warga Korpri untuk berpartisipasi saat pemilihan, jangan Golput. Sikap Korpri tetap Netral serta menjaga ketertiban dan keamanan ditengah masyarakat demi terselenggaranya pesta demokrasi yang akuntabel, ” demikian Sekda Rofinus Mbon, saat menyampaikan laporan sebagai Ketua Panitia Perayaan Natal Oikumene 2017 dan Tahun Baru 2018, Senin (08/01).

Menurut Sekda Rofinus Mbon, sikap netral seorang anggota Korpri sangat penting agar tidak menimbulkan kegaduhan. Seorang anggota Korpri juga tidak boleh menyebarkan berita atau informasi hoax, apalagi yang cenderung mengungkap persoalan-persoalan yang bersifat pribadi. “Apabila seorang anggota Korpri terlibat dalam urusan politik, dikhawatirkan akan menimbulkan kegaduhan,” jelasnya.

Lebih lebih lanjut, Sekda menyampaikan dasar penyelenggaraan acara Natal Oikumene 2017. Dasarnya kata Sekda adalah Peraturan Bupati Manggarai Barat Nomor 56 tahun 2016 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Manggarai Barat tahun anggaran 2017, Keputusan Bupati Manggarai Barat Nimor 288/Kep/HK/2017 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggaraan Perayaan Natal bersama Oikumene 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 01 Januari 2018 Korpri tingkat Kabupaten Manggarai Barat. Dan yang terakhir hasil rapaf Panitia Natal Oikumene dan Tahun Baru bersama Korpri Kabupaten Manggarai Barat, tanggal 19 Desember 2017.

Sementara perayaan Natal Oikumene ini jelas Sekda sebagai sarana untuk mendapatkan peneguhan iman melalui kotbah Pastor dan Pendeta bagi semua warga Korpri agar memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakan tugas sebagai seorang abdi negara. “Tujuan dilaksanakan Natal Oikumene ini agar anggota mendapatkan peneguhan iman, ” tegasnya.

Mengakhiri sambutan, Sekda juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, terutama Bupati/Wakil Bupati sebagai Pembina Korpri Manggarai Barat, atas dukungan dan motivasi yang tiada henti, sehingga penyelengaraan Natal Oikumene 2017 dan Tahun Baru 2018 berjalan dengan baik. Selain itu Sekda juga menyampaikan terima kasih kepada Panitia dari semua seksi, lebih khusus Seksi Liturgi dan Sound system. “Terima kasih kepada Bupati/Wakil Bupati sebagai Pembina Korpri Mabar, dan semua seksi yang telah bekerja dengan baik, lebih khusus seksi liturgi dan sound system sehingga perayaan Natal Oikumene berlangsung dengan baik, ” kata Sekda menutup laporannya. (**)