Sebanyak 25 Masjid Meriahkan Pawai Malam Takbiran

Labuan Bajo – Sebanyak 25 Masjid memeriahkan Pawai Malam  Takbiran di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Masjid-masjid yang mengikuti Pawai Malam Takbiran menghiasi kendaraan dengan lampion dan membuat miniatur Masjid di atas kendaraan roda empat yang mereka tumpangi.

Sekitar pukul 18.30 WITA, 25 Masjid yang sudah mengiasi kendaraanya dengan berbagai macam hiasan sudah mulai berkumpul di sekitar Masjid Nurul Huda Gorontalo Desa Gorontalo Kecamatan Komodo. Selain 25 kendaraan, Pawai juga dihadiri ribuan umat muslim di Labuan Bajo serta para pemuda lintas Agama yang ada di Labuan Bajo.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manggarai Barat, Haji Idrus Achmad dalam laporannya, menjelaskan menyambut perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019, pengurus 25 Masjid sepakat mengadakan Lomba Pawai Takbiran merebut piala Bupati Manggarai Barat. “Para pengurus Masjid yang ada di Kota Labuan Bajo dan sekitar, sepakat untuk mengadakan Lomba Pawai Takbiran,” jelasnya.

Dikatakannya, Lomba ini sesungguhnya bukan tujuan utama tetapi bagaimana malam takbiran yang penuh dengan suka cita bagi seluruh umat muslim dunia dirayakan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. “Malam takbiran adalah malam dimana seluruh alam semesta akan terdengar “Allahu Akbar” karena seluruh pelosot bumi mengumandangkan takbir, sungguh malam yang sangat istimewa. Apalagi Malam takbiran hanya dapat dirayakan sekali dalam setahun yaitu di penghujung bulan suci ramadhan,” jelasnya.

Namun demikian, menurut Ketua PHBI, kriteria penilaian cukup ketat antara lain mencakupi  Semangat Takbir, Assesoris, Kreatifitas dan Kekompakan. Semangat takbir yang dinilai antara lain Tadwjid, Lafals, Lagu dan kekompakan. Asesoris dan kreatifitas yang dinilai Lampion dan Atraksi music sementara untuk Kekompakan yang dinilai menliputi kerapian barisan, kekompakan dan keseragaman barisan serta keserasian.

“Lomba pawai Takbiran ini dinilai oleh 5 (lima) orang dewan juri yang sudah kita tempatkan sesuai dengan tugas daripada mereka sehingga tidak neko-neko dalam penilaian. Para juri akan melakukan tugas secara professional. Juara dalam lomba ini akan menerima hadiah yang akan diumumkan saat halal bihalal yang Insya Allah kalau tidak halangan tanggal 17 bulan Juli bulan depan.

Pelepasan Lomba Pawai Takbiran yang berlangsung malam ini sedianya oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, namun karena berhalangan peserta pawai Takbir dilepas oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Mari Geong, Ph.D., bersama Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M.Si., Sekretaris Daerah Manggarai Barat, Rofinus Mbon, SH., M.Si. dan Ketua TP PKK Manggarai Barat, Nyonya Maria A. M.D Dula.

Untuk diketahui rute Pawai Malam Takbiran tahun 2019 mulai di Masjid Nurul Huda Gorontalo. Selanjutnya menuju Pertigaan Air Kemiri- belok kanan menuju Pasar Baru hingga tiba di Cabang Patung Komodo- Wae Mata dan perempatan Langka Kabe. Lalu menuju Serenaru – Lancang dan belok kiri- ke arah Wae Bo-Polres Manggarai Barat – menuju Prundi – Bandara Komodo – Puncak Waringin Kampung Ujung – Jalan Soekarno Hatta hingga berakhir di Kampung Tengah (pertigaan BNI). (Tian Candra/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *