Sambutan Kabag HUMAS



KEPALA BAGIAN HUMAS

 

           Penggunaan website, untuk menunjang kinerja Pemerintahan di Indonesia mulai digalakkan sejak beberapa tahun terakhirini. Dewasaini lembaga-lembaga pemerintah berlomba-lombamelakukan pembenahan terhadap website dan berusaha untuk memaksimalkannya layanan public. Memaksimalkanlayananpubliksangatpentingdilakukaninstansipemerintahkarenapadasaat yang samamasyarakat semakin paham dan mulai tergantung dengan fasilitas internet. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) padatahun 2014 masyarakat yang ‘melek’ internet di Indonesia sudah mencapai angka88,1juta orang. Angka88,1 jutatersebutdisesuaikandenganjumlahpenduduk Indonesiasesuai data  BadanPusatStatistik (BPS) tahun 2014 sebesar 252 jutapenduduk. Dengandemikian, darisisijumlahpenduduk, pengguna internet mengalamipertumbuhan 16,2 jutapengguna, dimanapadatahun 2013 pengguna internet berjumlah71,9 jutapengguna.

            Dari data APJI tersebut di atasmenjelaskanbahwa tuntutan untuk memaksimalkan fungsi dan guna website pemerintah semakin gencar. Website pemerintah bukan lagi sekedar profil statis pemerintah yang go online namun harus sudah menjadi sekumpulan informasi/dokumen/data yang dinamis dan aktual sehingga bisa berguna bagi masyarakat.Apabila mengacu pada UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) yang mewajibkan setiap badan publik untuk proaktif melakukan keterbukaan informasi publik, maka sudahsaatnyawebsite pemerintah membiasakan diri menampilkan informasi publik yang dikuasainya, terutama website di pemerintah daerah (pemda) kita yang bertindak sebagai ujung tombak pelayanan publik pemerintah di daerah.Beberapa fungsi dan manfaat dari adanya website atau situs resmi ini bagi pemerintah daerah, antara lain :

  1. Memperkenalkan dan mempromosikan kelebihan yang ada baik sumber daya alam maupun produk hasil bumi suatu daerah tertentu, agar dapat diketahui secara luas baik dalam skala nasional maupun internasional. Pasalnyawebsite mudahdiakses oleh siapapun melalui internet.
  2. Memperlihatkan secara nyata kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melaksanakan urusan pemerintahan kepada masyarakat umum secara luas. Informasi ini sangat penting agar masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang benar tentang kinerja pemerintah yang berimbas pada munculnya opini publik yang benar pula. Untuk menampilkan informasi tersebut dapat menggunakan Fitur Berita.
  3. Tersedianya sarana interaksi langsung antara pemerintah dan masyarakat, baik dalam wilayah pemerintah daerah maupun diluar wilayah pemerintah daerah, terutama para perantau dari daerah asal yang ingin memperoleh informasi secara langsung akan perkembangan pembangunan di daerah asalnya dengan tersedianya konten berita, forum diskusi, dan Buku Tamu. Pada tiga fitur tersebut, masyarakat berkesempatan menyampaikan komentar secara langsung kepada pemerintah tentang berbagai hal. Bisa kapanpun dan dimanapun berada, tanpa rasa takut, tanpa basa basi, tanpa biaya transportasi dan tanpa meninggalkan pekerjaan.
  4. Memberitakan produk-produk hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dalam bentuk Peraturan Daerah ( Perda ) yang dapat dilihat oleh masyarakat umum.
  5. Menjadi indikator dan barometer bagi pembangunan daerah dari suatu pemerintah daerah tertentu dengan pemerintah daerah lainnya, sehingga tiap daerah terpacu untuk membangun wilayah daerahnya masing-masing, dan memperluas wawasan pemerintah daerah akan informasi-informasi baru dari daerah lainnya.

                Dari beberapa fungsi di atas, dapat diketahui bahwa informasi yang cepat dan tepat mempengaruhi perkembangan suatu daerah dalam skala regional, nasional maupun internasional. Hal ini selaras dengan visi Bagian Umum Setda Manggarai, terwujudnya pelayanan prima di bidang administrasi umum, dimana perwujudan dari visi adalah penggunaan teknologi informasi dalam implementasi proses pemerintahan demi terwujudnya pelayanan yang prima bagimasyarakat di Bidang Administrasi Umum. Terimakasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam pembuatan website ini, semoga website ini bermanfaat bagi kita sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *