Posko Bencana Alam di Lembor sudah Dibentuk

Lembor–Camat Kecamatan Lembor, Paulus Mallu mengatakan Posko Bencana dalam rangka menangani korban bencana angin putting beliung yang terjadi kemarin, Kamis (07/12) di Desa Poco Rutang dan Kelurahan Tangge Kecamatan Lembor telah dibentuk. Pembentukan Posko Bencana tersebut diputuskan melalui rapat koordinasi yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Manggarai Barat (Asisten I), Drs. Benediktus Banu hari ini, Jumat (08/12) di Kantor Kecamatan Lembor di Malawatar.

“Hari ini telah dilakukan rapat dalam rangka pembentukan posko bencana. Rapat dipimpin  Aisten I dan dihadiri oleh Danramil Kecamatan Lembor, Unsur Polsek Lembor, Lurah Tangge, utusan dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat, serta sejumlah Kepala Desa se-Kecamatan Lembor. Semua pihak sepakat membentuk posko Bencana sesuai arahan dan perintah Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula,” katanya melalui pesan melalui whatsupps usai rapat.

Dijelaskan Camat Paul Malu, sedikitnya ada 4 (empat) hasil rapat yang telah disepakati oleh semua peserta rapat. Keempat hasil kesepakatan itu antara lain segera membentuk Bentuk Posko Bencana yang sekretariatnya di Kantor Kecamatan Lembor dan Kantor Kelurahan Tangge; Melakukan pendataan bangunan yg rusak serta pendataan tingkat kerusakannya; Membuka rekening peduli bencana angin puting beliung dan Membuat proposal untuk penggalangan dana dari kantor dan lembaga maupun dari para donatur dan simpatisan lainnya.

Menurut dia, hari ini Posko Bencana langsung dibuka baik di kantor Kecamatan Lembor maupun di kantor Kelurahan Tangge. “Ada empat kesepatakan yang telah diputuskan dalam rapat hari ini. Kesepakatan yang diputuskan langsung dijalankan pada hari ini juga. Kami tentu tidak ingin membiarkan para korban terlantar. Karena itu kami berharap ada bantuan yang nantinya bisa dikumpulkan untuk diserahkan kepada para korban,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai dengan aging putting beliung yang terjadi di Desa Poco Rutang dan Kelurahan Tangge, kemarin Kamis (07/12) mengakibatkan puluhan bangunan rumah rusak parah. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *