Peringatan HUT DWP Manggarai Barat Ke-17 Berlangsung Meriah

Labuan Bajo, (14/12/2016)–Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang ke-17 tingkat Kabupaten Manggarai Barat-NTT, hari ini, Rabu (14/12/2916) dilaksanakan secara meriah. Pantauan humas.manggaraibaratkab.go.id, suasana di dalam Aula Kantor Bupati Manggarai Barat tempat berlangsungnya acara dipenuhi kaum Ibu dari berbagai Unit Kerja. Acara tersebut dihadiri sendiri oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula serta Ibu-Ibu dari Organisasi Bhayangkari.

Ketua DWP Manggarai Barat, Nyonya Maria Nirum Banu, saat membacakan sambutan Ketua DWP Pusat menyampaikan sebagai organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, DWP harus mengambil peran yang strategis dan aktif dalam konstelasi Pembangunan Nasional. Potensi yang dimiliki DWP mulai dari tingkat pusat sampai kecamatan sudah menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan dalam memberikan kontribusi yang penuh guna menyukseskan program nasional.

Menurut Ibu Mery demikian sapaannya, peringatan HUT DWP mengusung tema Istri ASN Menuju Ketahanan Pangan Keluarga. Tema tersebut mengandung makna bahwa sebagai istri PNS, peran anggota Dharma Wanita sangat strategis, dituntut berperan dalam pembangunan dan mendukung keberhasilan program pemerintah.

Dalam keluarga anggota Dharma Wanita adalah sebagai istri yang diharapkan mampu menjadi pendamping dan mendukung keberhasilan suami. “Kita (DWP; red) memiliki peran yang strategis dalam mendukung keberhasilan program-program Pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya DWP adalah salah satu mitra Pemerintah. Sebagai mitra, mutlak bagi DWP mendukung program kerja Pemerintah, diantaranya turut serta melakukan sosialisasi Kartu Indonesia Pintar dan Gemasi (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) serta program-program lainnya yang bertujuan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat. Karena bagaimanapun program-program  tersebut berkaitan erat dengan tujuan DWP yaitu menyejahterakan anggota kelurga dan masyarakat.

Untuk diketahui DWP adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri Aparatur Sipil Negara (ASN). DWP ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999 pada sebuah rapat nasional. Tujuan utama dari pendirian DWP adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga ASN untuk mencapai kesejahteraan nasional.

Karena itu sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan bersama, DWP memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian social. Selain itu melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi pribadi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur. (Agustinus Hodaling/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *