Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Anggota PPK Kabupaten Mabar Dihadiri Bupati Gusti

Labuan Bajo-Dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan diselenggarakan pada tanggl 27 Juni 2018, Bupati Mabar Propinsi NTT, Drs. Agustinus Ch. Dula, menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan 50 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Manggarai Barat. Acara ini dilaksanakan di Aula utama Kantor Komisi Pemilihan Umum( KPU) Kabupaten Manggarai Barat, rabu (6/11).

Bupati Gusti dalam sambutannya mengatakan bahwa setelah pelantikan anggota PPK bertanggungjawab atas segala tugas yang berkaitan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT tahun 2018. Tanggung jaeab tetsebut terpanggul dipundak semua Anggota PPK yang baru saja dilantik ini.

“Untuk mengemban tugas tersebut, anda dituntut untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab, profesional, teliti, jujur, dan adil serta independen. Perlu disadari bahwa PPK adalah pelaksana teknis dan bukan penentu kebijakan,” katanya.

Lebih lanjut Bupati dua periode ini menyampaikan agar anggota PPK yang baru dilantik untuk selalu berkoordinasi. Terlebih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah kerjanya masing-masing terutama koordinasi dengan Camat, terkait pembentukan sekretariat PPK dan fasilitas – fasilitas yang dibutuhkan dalam rangka menunjang tugas PPK. Sehingga nantinya mempercepat menyusun program kerja atau kegiatan dalam melaksanakan tahapan – tahapan pemilihan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat, Hironimus Suhardi, SS , dalam sambutannya mengatakan anggota PPK sejak dilantik sudah masuk dalam jajaran penyelenggara, dan sudah berada dalam payung pedoman atau asas yang sama.

“Kita adalah satu tim. PPK dan KPU sudah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan karena PPK adalah KPU untuk tingkat Kecamatan. Untuk itu, dibutuhkan komitmen yang kuat dan harus bekerja dengan penuh tanggungjawab tanpa ada ikatan atau kepentingan untuk meloloskan calon-calon tertentu.Mulai sekarang, kita adalah penyelenggara yang independen,” ujarnya dihadapan para anggota PPK yang baru dilantik.

Hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Bupati Manggarai Barat, perwakilan dari POLRES Kabupaten Manggarai Barat, Ketua Banwaslu Kabupaten Mabar, dan utusan dari masing-masing partai politik peserta pemilu serta undangan lainnya.
(A.Hodaling/***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *