Pemkab Manggarai Barat Lakukan Uji Kompetensi dan Seleksi terbuka 12 Orang calon JPT

Labuan Bajo (03/07) Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), hari ini Senin (03/07) melakukan Uji Kompetensi dan Seleksi terbuka kepada 12 (duabelas) pejabat eselon III untuk menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk empat Dinas yakni PKO, PUPR, PRKPP dan Dinas Sosial. Uji Kompetensi dan Seleksi terbuka ini dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) dan Tim Assesor dari Inspektorat Provinsi Dosen Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Uji Komptensi dan Seleksi Terbuka ini dibuka secara langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula. Dalam sambutannya Bupati menegaskan   Uji Kompetensi dan Seleksi terbuka ini merupakan Amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dimana kedua UU tersebut menginginkan birokrasi yang professional, netral, akuntabel dan berdaya saing. Dengan demikian pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau yang selama ini dikenal pejabat Struktural eselon II harus memiliki kompetensi manajerial, teknis, sosio-kultural dan pemerintahan.

Menurut Bupati Gusti, Uji Kompetensi dan seleksi terbuka didasarkan pada perbandingan antara komptensi dan kualifikasi yang dimiliki calon yang akan dipromosikan pada jabatan, sejalan dengan prinsip tata kelola Pemerintahan yang baik. Selain itu Uji Komptensi merupakan bagian dari pelaksanaan manajemen Sumbe Daya Aparatur Spil Negara khususnya dalam pengembangan karier ASN. Namun, pengembangan karier ASN diawali dengan Uji Kompetensi. “Dengan adanya Uji Kompetensi tentu akan memudahkan Bupati selaku Pejabat Pembina kepegawaian (PPK) menetapkan pejabat yang menduduki JPT Pratama sesuai kompetensi yang dimilikinya,” tegasnya.

Diakhir sambutannya Bupati mengharapkan kepada peserta yang mengikuti selesi JPT ini  agar mengikuti kegiatan dengan baik. “Saya berharap dengan kegiatan ini saudara-saudara akan menduduki jabatan sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki. Dengan demikian saudara dapat meningkatkan prestasi dan kinerja sesuai dengan jabatan yang akan diemban, sehingga sasaran pembangunan Kabupaten Manggarai Barat dapat tercapai dengan baik,” harapnya.

Sementara itu Asisten Komisioner KASN bidang Monitoring dan Evaluasi, Dr. Hayun Anggara, dalam sambutannya mengatakan untuk melakukan rotasi atau pemetaan jabatan pimpinan tinggi harus melalukan assessment. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU. Pemerintah Manggarai Barat dalam hal ini telah sesuai dan mengikuti aturan dan mekanisme yang ada dalam Undang-undang. Para pejabat yang akan ditempatkan harus mengikuti uji kompetensi dan pemetaan, dan akan digali potensi dimana para pejabat dapat ditempatkan sesuai dengan kompetensinya. Untuk melakukan uji kompetensi ini, Kantor Regional X BKN Denpasar bekerja sama dengan  Tim Assessor dari Universitas Nusa Cendana Kupang.

Kepada Bupati Manggarai Barat, Anggara mengapresiasi keputusan Uji Kompetensi dan Seleksi terbuka ini. Menurut dia, keputusan Pemkab Manggarai Barat ini menunjukan kesiapannya dalam menyongsong pelaksanaan PP 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah dengan melaksanakan uji kompetensi bagi para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. “Terimakasih Pak Bupati, ini akan memberi nilai tambah bagi Pemkab Manggarai Barat karena telah mengikuti aturan yang ada,” tandasnya.

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Thomas faran, S.Sos., dalam laporannya menjelaskan bahwa uji kompetensi ini dilakukan bertujuan untuk menempatkan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sesuai dengan kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang dibutuhkan dalam menjalankan urusan Pemerintah Daerah yang diemban oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Manggarai Barat dan basis data profil pejabat yang dapat dijadikan dasar dalam pengembangan karir bagi ASN termasuk untuk mutasi dan promosi jabatan. Seleksi ini berlangsung melalui 3 tahap yaitu seleksi administrasi, uji kompetensi dan wawancara.  (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *