Pemda Mabar Dukung Pelaksanaan Seminar Internasional di Labuan Bajo

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendukung pelaksanaan Seminar Internasional dengan tema  “Memperkuat Public Sector dalam Mendukung Revolusi Industri di Labuan Bajo. Pasalnya, materi yang dibahas dalam seminar internasional tersebut adalah  tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pemerintahan Lokal (Local Government).

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, saat audiensi dengan panitia Seminar Internasional dari Undana Kupang, Jumat siang (17/05). “Kami (Pemda Mabar: red) mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Seminar Internasional di Labuan Bajo. Ini kebanggan tersendiri serta memperkuat Mabar sebagai Destinasi Super Prioritas di Indonesia,” katanya.

Menurut Bupati Mabar, pelaksanaan seminar internasional tersebut juga menambah jumlah daftar penyelanggaran kegiatan yang berskala Internasional di Labuan Bajo-Mabar. Pada bulan Juli 2019 mendatang katanya, ada juga kegiatan berskala internasional yakni Kejuaraan Tinju Internasional Piala Presiden RI ke 23. Hal ini menunjukan Labuan Bajo semakin diminati oleh semua kalangan dari berbagai profesi.

Berbicara BUMDes di Manggarai Barat, menurut Bupati dua periode ini seperti belum tuntas. Dari 169 Desa yang ada di Manggarai Barat, belum semuanya memiliki BUMDes. Padahal kehadiran BUMDes sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. BUMDes bisa mengangkat potensi ekonomi desa yang digerakkan oleh masyarakat secara swadaya.

“Kabupaten Manggarai Barat memiliki 169 Desa yang tersebar di 12 Kecamatan. Namun sepertinya tidak semua Desa di Manggarai Barat memiliki BUMDes. Padahal BUMDes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution),” jelasnya.

Dirinya berharap, Seminar Internasional Memperkuat Sektor Publik dalam rangka mendukung revolusi industry ini bermanfaat dan memberi kontribusi positif, terutama mampu merubah mindset para Kepala Desa yang ada di Manggarai Barat, akan pentingnya BUMDes.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka Dies Natalis ke 57 Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, kerjasama Pemerintah Provinsi Nusa Teggara Timur, dan Accounting Research Institute (ARI) Universiti Teknologi MARA UiTM Malaysia diselenggarakan Seminar Internasional di Labuan Bajo, Mabar.  Seminar internasional tersebut diikuti oleh akademisi dari berbagai Negara dari tanggal 3-5 September 2019. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *