Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Tumbuhkan Semangat Menulis

Untuk menumbuhkan semangat menulis, pengelola website humas.manggaraibaratkab.go.id mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Website bagi pengelola Kecamatan se-Kabupaten Mangarai Barat, yang dilaksanakan selama dua hari oleh Sub Bagian Humas dan Protokol pada Bagian Administrasi Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat. Tujuan utama pelatihan jurnalistik tingkat Dasar ini adalah mengenalkan ilmu jurnalistik terutama manajemen jurnalistik media online kepada setiap peserta agar dengan mudah memahami dan mengaplikasikan ilmu jurnalistik secara maksimal.

Andreas Durung, Wartawan Senior Harian Umum Flores yang bertugas di Manggarai Barat, saat tampil sebagai Narasumber dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat,Sabtu (26/11/2016) mengatakan sesungguhnya membuat suatu tulisan itu gampang-gampang susah. “Menulis itu akan menjadi aktivitas yang gampang jika itu dilakukan oleh orang-orang yang sering menulis, tetapi akan susah bagi orang yang tidak biasa menulis,” jelasnya.

Menurut Andre demikian sapaan akrabnya, seorang wartawan atau Jurnalis ketika turun meliput dia memiliki rencana yang matang seperti tema liputan, narasumber dan berbagai hal yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi unsur-unsur berita 5W + 1H. “Unsur 5W + 1H antara lain What (apa),  Who (siapa), Where (dimana) When (Kapan), Why (mengapa), dan How (Bagaimana). Kalau kita memahami unsur-unsur tersebut di atas maka dalam proses penulisan beritanya akan menjadi gampang,” ujarnya.

Namun demikian menurut Andre seorang Wartawan bukanlah aparat penegak hukum yang punya kewenangan menginterogasi orang. Artinya jika seorang Wartawan itu hendak mendapatkan informasi yang dia butuhkan maka berilah waktu yang seluas-luasnya pada narasumber, karena kita membutuhan data. “Wartawan yang memahami tugasnya dengan baik akan memberikan waktu yang luas kepada narasumber. Dengan demikian  data-data atau informasi pasti diberikan oleh narasumber tersebut,” katanya.

Untuk diketahui Bimbingan Teknis dan Pelatihan yang diselenggarakan Sub Bagian Humas dan Protokol pada Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat ini mendapat Apresiasi dari pengelola dari 10 Kecamatan. Apreasiasi tersebut nampak pada saat diskusi, dimana semua peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Ke-sepuluh pengelola dari Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat itu antara lain  Emanuel Surman (Mbeliling), Frnasiskus P. Kota (Lembor), Agustinus Hadiyanto Djajong (Welak), Paulus Warman Suryanto (Lembor Selatan), Marianus Magung (Kuwus), Aleksius Guidi (Ndoso),  Fransiskus Paskalis Gani (Komodo), Silvester Masur (Sano Nggoang), Gaspar Gunawan (Boleng) dan Paskalis Badang (Macang Pacar).(Paulus Jeramun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *