Manggarai Barat Raih Opini WTP Pertama Kali pada Usia 16 Tahun

Labuan Bajo, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 pada usia 16 Tahun.

Hasil ini diketahui saat penyerahan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat Tahun Anggaran 2018 bersama 6 (enam) Kabupaten lainnya di NTT (Manggarai Timur, Ngada dan Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Flores Timur dan Kabupaten Kupang) oleh Badan pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi NTT di Kupang, Selasa (25/6).

Laporan Pemeriksaan Keuangan diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI Perwakilan NTT, Ir Adi Sudibyo, MM., kepada Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D. Turut mendampingi, Kepala Inspektorat Manggarai Barat, Drs. Siprianus Midi dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Manggarai Barat, Drs. Salvador Pinto.

Dalam Surat Nomor 229.b/S/XIX.KUP/06/2019, perihal Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Manggarai Barat Tahun Anggaran 2018 yang ditujukan kepada Bupati Manggarai Barat BPK RI Perwakilan NTT telah melakukan pemeriksaan terhadap Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Pemeriksaan ditujukan untuk memberikan Opini atas Kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntasi Pemerintah, Kecukupan Pengungkapan, Efektivitas Sistem Pengendalian Intern dan Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Selain Manggarai Barat, Kabupaten yang juga meraih opini WTP adalah Manggarai Timur, Ngada dan Sumba Timur. Sedangkan tiga kabupaten lainnya meraih opini Wajar Dengan Pengecualian  (WDP) yakni Sumba Barat Daya, Flores Timur dan Kabupaten Kupang.

Bagi Pemda Manggarai Barat, raihan ini merupakan prrestasi yang membanggakan setelah 15 tahun, terkait kinerja keuangan. Prestasi ini menjadi catatan sejarah baru mengingat untuk pertama kalinya Pemda Manggarai Barat meraih opini WTP.

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, di ruang kerjanya siang ini (26/6) bersyukur upaya keras di periode kedua tahun ketiga kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Maria Geong ini membuahkan hasil.

“Sesungguhnya sejak awal saya sudah mendorong semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berkomitmen meraih WTP. Saya bersama Wabup terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama di internal, pentingnya mendapatkan opini WTP dari BPK dan Puji Tuhan, tahun 2019 ini kita raih,” katanya.

Kendati demikian Bupati Manggarai Barat mengingatkan kepada seluruh pihak di Pemda Manggarai Barat agar tidak terlena. Justru, menurut dia, hasil ini harus menjadi pelecut motivasi untuk meningkatkan kinerja. “Harapan saya tentu saja setelah kita mendapat WTP sama dengan Kabupaten/Kota lain kita harus terus meningkatkan kinerja dalam hal penataan keuangan daerah yang baik,” ujarnya.

Dan sebagai ungkapan Syukur Atas raihan Opini dan Predikat WTP dari BPK NTT  untuk Tahun Anggaran 2018, Bupati berencana membuat acara khusus pada hari Jumat (28/6) mendatang. “Hari Jumat mendatang, kita akan membuat acara khusus di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat. Tujuan acara ini selain syukuran atas raihan Opini WTP juga sebagai moment untuk mendorong dan meningkatkan Kinerja yang lebih baik kepada semua perangkat yang ada di daerah ini,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *