Manager Tim Persamba: Pemda Malaka Sukses sebagai Tuan Rumah Turnamen ETMC 2019

Labuan Bajo – Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Manggarai Barat sekaligus Manajer Tim Persatuan Sepak Bola Manggarai Barat (Persamba) Ir. Oktavianus A. Bona menilai Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka (Pemda Malaka) sukses sebagai sebagai tuan rumah dan panitia tempat penyelenggaraan El Tari Memorial Cup (ETMC) tahun 2019. Semua Kontingen dari masing-masing Kabupaten se-Provinsi NTT yang terlibat dalam Turnamen ETMC 2019 mendapat perlakuan yang istimewa dan sama termasuk Tim tuan rumah, PS Malaka.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Persamba Ovan Adu, di Aula kantor Bupati Manggarai Barat, Sabtu (27/7) malam, saat syukuran dan menerima kembali Kontingen Persamba oleh Pemda Manggarai Barat. Tim Persamba yang meraih Runner Up dalam Turnamen ETMC diterima secara resmi.

Acara dimulai di bandara Komodo, dimana kotingen di jemput Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., selanjutnya Kontingen diarak keliling kota Labuan Bajo. Terakhir, Kontingen diterima secara adat oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, Kapoles Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardonoa, Sekda Manggarai Barat, Rofinus Mbon, SH.,M.Si., dan para pimpinan OPD Lingkup Pemda Manggarai Barat.

“Kontingen Persamba adalah kontingen pertama yang masuk di Kabupaten Malaka. Kontingen langsung diterima secara adat, suatu moment yang sangat istimewa dan pertama kali sepanjang sejarah ETMC. Penginapan memang di sekolah-sekolah tetapi serasa di Hotel. Dan bukan hanya kita, semua kontingen termasuk kontingen tuan rumah. Terima kasih Malaka,” jelas Kadis PUPR Manggarai Barat ini.

Menurut Ovan Adu, secara umum Turnamen ETMC 2019 berlangsung aman lancar. Tidak ada insiden ataupun situasi yang mengganggu jalannya Turnamen termasuk keputusan-keputusan wasit. “Seluruh pertandingan berlangsung ketat. Masing-masing Tim menampilkan permainan yang berkualitas. Dan Puji Tuhan, Tim Persamba datang paling pertama dan pulang terakhir, dengan raihan runner up,” tandasnya.

Terkait adanya pemain luar Manggarai Barat, di Tim Persamba, Ovan menjelaskan di dalam aturan kompetisi Liga 3, pemakaian pemain luar sangat dimungkinkan. Dan Persamba sudah mengikuti semua aturan tersebut. “Pemain luar tidak masalah, asalkan sesuai aturan PSSI. Kalau kita (Persamba; red) melanggar aturan semestinya dari awal kita sudah didiskualifikasi. ETMC itu Kompetisi paling bergensi di NTT, panitia sudah pasti menerapkan dan menjalankan aturan dengan baik,” paparnya.

Untuk diketahui, Liga 3 2019 Nusa Tenggara Timur atau juga disebut El Tari Memorial Cup 2019 adalah musim kompetisi Liga 3 zona Provinsi Nusa Tenggara Timur 2019 yang berlangsung pada 5–24 Juli 2019 untuk berkualifikasi dalam Liga 3 Nasional tahun 2019. Juara pada laga tahun 2019 adalah Tuan Rumah PS Malaka diikuti Persamba Manggarai Barat di posisi kedua. ETMC 2019 dilaksanakan di Kabupaten Malaka dengan menggunakan sistem “home tournament” di tiga lokasi yaitu Lapangan Umum Betun, Lapangan Besikama, dan Lapangan Kobalima. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *