Lomba dan Konteks Sapi, Upaya Dukung Sektor Pariwisata di Manggarai Barat

Wae Nakeng, Lembor – Lomba dan Konteks ternak Sapi yang digelar Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan selama 3 (dua), hari ini (Sabtu, 28/04) memasuki acara puncak. Pada acara puncak akan diumumkan pemenang lomba untuk 3 jenis kategori ternak kontes antara lain Sapi Bali Jantan Bibit, Sapi Bali Betina Bibit dan Sapi Bali Betina Indukan.

Lomba dan Konteks Ternak Sapi ini sesungguhnya hanya batu loncatan menuju program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS-SIWAS). Dimana tujuan dari Program untuk meningkatkan populasi sapi bunting, memberi pelayanan kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) secara gratis, meningkatkan produksi dengan inseminasi buatan, mengejar swasembada sapi pada 2026 dan memaksimalkan sapi indukan.

Puncak Lomba dan Konteks Ternak Sapi yang dihadiri langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kaka Botek – Wae Nakeng Kecamatan Lembor, sudah dua kali dilaksanakan. Tahun 2017 lalu, konteks ternak sapi dilaksanakan di halaman belakang Kantor Bupati Manggarai Barat.

Kegiatan puncak konteks ternak sapi ini terpaksa mundur dari jadwal panitia, karena sebelumnya Bupati Gusti Dula harus meresmikan pemanfaatan Jembatan untuk Desa Asimetris (Judesa) yang menghubungkan Desa Siru dan Desa Wae Wako Kecamatan Lembor.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dalam sambutannya menegaskan Lomba dan Konteks Sapi yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan didukung penuh Kementerian Pertanian ini merupakan upaya mendukung sektor pariwisata yang saat ini terus mengalami perubahan.

Selain itu kegiatan ini mempunyai peran yang sangat penting dan strategis untuk membangun motivasi dan kesadaran masyarakat secara luas dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas ternak di Kabupaten Manggarai Barat.

“Lomba dan Konteks Sapi ini merupakan bagian upaya mendukung sector pariwisata kita yang terus berubah. Karena itu atas nama masyarakat Manggarai Barat, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang mendukung dan menggagas program IB pada sapi-sapi yang ada. Hasil dari program IB  tersebut sudah dirasakan peternak sapi dengan lahirnya sapi-sapi yang sehat,” tandasnya.

Dijelaskannya, setelah program IB ini berhasil, pada saat yang sama peternak sapi harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memelihara sapi hasil IB. Tujuannya agar sapi-sapi sehat dan bisa diekspor sehingga menambah perekonomian.

Karena itu dirinya mengajak agar semua pihak untuk bersinergi membantu peternak sapi yang ada di Manggarai Barat. “Kita harus senantiasa bahu membahu, berjuang dan berusaha terus membangun peternakan yang lebih maju dan tangguh ke depannya agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun nasional,” ungkapnya

Untuk diketahui peserta lomba dan kontes sapi diikuti peternak sapi dari 10 (sepuluh) kecamatan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Pemenang lomba untuk kategori Sapi Bali Jantan Bibit sebagai berikut: Juara 1 (satu) Lasarus Hambut (Kecamatan Lembor), Juara 2 (dua) Ahmad Reski Sunarto (Lembor Selatan) dan Juara 3 Valentinus Bas (Boleng).

Sementara Kategori Sapi Bali Betina Bibit pemenangnya antara lain: Juara 1 (satu) Andreas Advendi (Mbeliling), Juara 2 Maksimus Abun (Lembor Selatan), dan Juara 3 Wahidin (Komodo). Untuk Kategori Sapi Bali Betina Induk, Juara 1 Florianus Sumarjo (Kuwus), Juara 2 Andreas Syukur (Sano Nggoang), dan Juara 3 Philipus Jenaru (Komodo). Para pemenang diberikan hadiah dan piala yang telah disiapkan pihak penyelanggara.

Selain Bupati, juga hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian PUPR Dr. Ir. Danis H. Sumadilaga, M.Eng. Sc. dan Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat Yulius Sigit Kristanto, SH. MH., Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K, M.Si., Sekretaris Daerah, Rofinus Mbon, SH., M.Si., Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Kementerian PUPR Rezeki Paranginangin, M.Sc. MM, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional X-Kupang Kementerian PUPR Ir. Hadrianus Bambang N. W, M.Sc, dan Kepala Balai Litbang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Bidang Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Satrio Sang Raksono, para impinan OPD Lingup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, para Camat se-Kabupaten Manggarai Barat, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. (Agustinus/Asty/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *