Ketua TP PKK Mabar, Secara Resmi Lantik Ketua TP PKK Pacar

Pacar (30/1) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Barat, Ny. Maria A.M.D.Dula,S.Pd, melantik Ny. Maria Kurma Sri Mersi Faran sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pacar. Pelantikan ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pacar, Kompleks Gereja Santu Nikolaus Pacar, Selasa 30 Januari 2018.

Pengangkatan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga(TP-PKK) Kecamatan Pacar ini melalui Keputusan Ketua TP-PKK Kabupaten Manggarai Barat Nomor 03/KEP/PKK.KMB/I/2018. Selain itu Ny. Maria Kurma Sri Mersi Faran dikukuhkan menjadi Bunda Paud Kecamatan Pacar.

Sejatinya pelantikan Ketua TP Kecamatan Pacar ini dilaksanakan usai pelantikan Camat Pacar bulan November tahun lalu. Tetapi mengingat Pacar merupakan Kecamatan baru pemekaran dari Kecamatan Macang Pacar, pelantikan baru dilaksanakan pada awal tahun 2018 ini.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Barat mengatakan Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Gerakan PKK adalah gerakan nasional yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ny.Maria A.M.D.Dula,S.Pd, berharap Tim Penggerak PKK sebagai Fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak dapat melaksanakan program-program PKK, yang berpedoman pada 10 Program Pokok PKK dalam 4 Kelompok Kerja (Pokja).

Sebagai contoh dijelaskannya, melalui program Pokja 3 TP-PKK dapat memberdayakan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan sebagai lumbung keluarga, dengan beternak ikan atau ayam, menanam aneka sayuran, menanam tanaman obat keluarga dan tanaman hias.

“TP-Kecamatan Pacar juga bisa melakukan pemberdayaan keluarga melalui kegiatan-kegiatan seperti: mendorong masyarakat ikut posyandu, membentuk koperasi, sosialisasi pentingnya pola hidup sehat, kegiatan pengolahan pangan lokal dan kegiatan lainnya”, tambahnya.

Usai pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Pacar, Camat Pacar melantik Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pacar Periode 2018-2023.

Hadir pada pelantikan ini Camat Pacar selaku Ketua Pembina TP-PKK Kecamatan Pacar, Thomas A.D. Faran, S.Sos,  Para Kepala Desa se-Kecamatan Pacar, Perwakilan OPD , Para Sekdes, Ketua TP-PKK Desa se-Kecamatan Pacar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat. Hadir juga dalam acara ini Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Manggarai Barat, Ny. Merry Banu dan juga pengurus Kabupaten DWP Manggarai Barat, Ny. Hendrika Damsut. (Sekcam Pcr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *