Jelang Pilpres 2019, Polres Mabar Gelar Deklarasi Damai, Aman dan Sejuk

Labuan Bajo –  Menjelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilres) Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menggelar Deklarasi Damai, Aman dan Sejuk dalam wilayah hukum Polres Manggarai Barat. Deklarasi ini dihadiri Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch. Dula bersama Wakil Bupati Mabar drh. Maria Geong, Ph.D. Deklarasi Pileg dan Pilpres 2019 yang digelar di Aula Kemala Polres Manggarai Barat, Kamis (20/09) sekaligus sosialisasi PP. No. 60 Tahun 2017.

Deklarasi dihadiri perwakilan DPRD Manggarai Barat, yang mewakili Dandim 1612 Manggarai, yang mewakili Ketua KPU Mabar, Ketua Banwaslu Mabar, Kaban Kesbangpol Mabar, Kasat Pol.PP Mabar, sejumlah kader Partai Politik, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat

Bupati Gusti Dula, dalam sambutan sebelum pembacaan ikrar Deklarasi menyampaikan berterima kasih kepada Polres Mabar yang sudah memprakarsai kegiatan ini sebagai upaya mensukseskan Deklarasi Pemilu (Pileg dan Pilpres) 2019 Damai, Aman, dan Sejuk khususnya di daerah berjuluk Kota Bhineka Tunggal Ika ini. “Terima kasih Pak Kapolres telah menggelar acara (deklarasi; red) ini. Deklarasi ini merupakan komitmen kita bersama untuk mensukseskan Pemilu 2019 guna menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.” kata Bupati dua periode ini

Dengan adanya Deklarasi Bupati berharap proses Pileg dan Pilres 2019, mulai dari masa kampanye, pada saat pencoblosan hingga berakhirnya penghitungan suara bisa berjalan dengan aman serta kondusif. “Tentu Kita mengharapkan seluruh unsur dan masyarakat yang akan menandatangani deklarasi damai ini dapat menjaga agar Mabar Damai, Aman dan Sejuk,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowarono, S.I.K., M.Si., menghimbau kepada para pimpinan Partai Politik (Parpol) agar memberikan arahan pada kader-kader yang akan dipilih untuk senantiasa melaksanakan tahapan Pileg sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku. “Sebagai penanggungjawab kemanan dalam wilayah Hukum Polres Manggarai Barat, saya menghimbau agar para pimpinan Parpol juga turut serta menjaga tahapan dan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, agar berjalan damai, aman, dan sejuk,” ujarnya.

Sesuai petunjuk, pelaksanaan pesta Demokrasi tahun 2019 ini harus berjalan lancar dan berhasil melahirkan pimpinan yang sesuai pilihan rakyat Indonesia. Tujuan diadakannya deklarasi ini sebagai upaya komitmen para Caleg, Tim Kampanye, serta seluruh komponen agar bersama menjaga suasana menjadi aman, damai dan sejuk di Manggarai Barat.

Deklarasi Pemilu Damai dan Aman ini, ditandai mengucapkan ikrar secara bersama-sama. Ada empat hal, diikrarkan untuk mewujudkan situasi aman dan damai Pemilu 2019. Pertama, siap menciptakan dan menjaga situasi keamanan yang kondusif dan bersama menjaga keutuhan NKRI dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang 1945. Kedua, mendukung usaha dan langkah aparat penegak hukum dalam menjaga keamanan dan ketertiban mendukung suksesnya Pemilu 2019.

Ketiga, mentaati semua perundang-undangan dan regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilu 2019 dan senantiasa mengorbankan semangat kebersamaan di tengah perbedaan, dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan dan persatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Keempat, menolak praktik politik uang, politisasi tempat ibadah, penggunaan isu Sara, ujaran kebencian/hoax dan kampanye hitam, serta menyuarakan anti golput. Setelah pembacaan ikrar, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi Pemilu Damai dan Aman.

Pada kesempatan itu Kapolres Manggarai Barat juga mempresentasikan panduan pelaksanaan tahapan pemilu yang akan di tempuh yaitu PP. No. 60 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perizinan dan Pengawasan Kegiatan Keramaian Umum, Kegiatan Masyarakat Lainnya, dan Pemberitahuan Kegiatan Politik. (Asty/**).