Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)

Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Manggarai Barat  Tahun 2008, maka Struktur Orgasnisasi Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai Barat terdiri dari:

Satu Kepala Bagian Umum, yang membawahi 3 (tiga) Sub Bagian yang terdiri  dari :

  • Sub Bagian Tata Usaha, Logistik Rumah Tangga dan Urusan Staf Ahli
  • Sub Bagian Protokol dan Humas
  • Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan

Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Bagian mempunyai tugas menyusun rencana program dan kegiatan Bagian Umum melaksanakan urusan tata usaha, pembinaan kearsipan, urusan rumahtangga, dokumentasi, protokol dan perjalanan dinas.

Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat terdiri dari 3 Sub Bagian yaitu Sub Bagian Tata Usaha, Staf Ahli,Rumah Tangga dan Logistik, Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan dan Sub Bagian Protokol dan Humas Berikut penjabaran Tugas Pokok dan Fungsinya:

Tugas Pokok Kepala Bagian Umum

menyusun rencana program dan kegiatan Bagian Umum melaksanakan urusan tata usaha, pembinaan kearsipan, urusan rumahtanggaan, dokumentasi, protokol dan perjalanan dinas. Kepala Bagian Umum untuk menyelenggarakan tugas diatas mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kerja Bagian Umum sesuai dana yang tersedia sebagai pedoman kerja;
  2. Pembagian tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas;
  3. Pemberian petunjuk dan arahan kepada bawahan tentang pelaksanaan tugas penertiban, pengadaan, penataan arsip dan pemeliharaan sarana;
  4. Pengaturan dan mengarahkan surat keluar dan surat masuk sesuai dengan data jenis dan permasalahannya;
  5. Penyusunan rencana pemeliharaan gedung kantor, rumah dinas, kendaraan dinas, instalasi listrik air dan telpon;
  6. Pelaksanaan urusan rumah tangga;
  7. pelaksanaan urusan keamanan terhadap personil dan informasi;
  8. penyelenggaraan dan usaha-usaha dan kegiatan dalam rangka pelayanan dan pengamanan sandi telekomunikasi;
  9. pelaksanaan protokol dan perjalanan dinas;
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Sub Bagian Tata Usaha, Staf Ahli,Rumah Tangga dan Logistik

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas menyususn rencana dan program, melakukan tata usaha, pengendalian dan kearsipan. Untuk menyelenggarakan tugas diatas Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Staf Ahli,Rumah Tangga dan Logistik mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagan Tata usaha yang meliputi surat menyurat dan urusan dalam sebagai pedoman kerja;
  2. Pengkoordinasian bawahan dalam kegiatan seperti surat menyurat serta urusan dalam
  3. Pemberian petunjuk pengadaan barang alat tulis kantor sesuai dengan pedoman yang berlaku agar pelaksanaannya berjalan dengan rapi;
  4. Pengaturan pembagian tugas bawahan sesuai dengan bidang tugasnya baik lisan maupun tertulis agar pelaksannya sesuai dengan rencana.
  5. Penyelian kegiatan tata usaha untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan tugas dan upaya tindak lanjut;
  6. Pemberian petunjuk kepada bawahan dalam pembuatan laporan unit tata usaha berdasarkan data yang masuk;
  7. Pemeriksaan surat masuk dan keluar serta memantau penyelesaian tugas yang diproses;
  8. Pengevaluasian kegiatan tata usaha untuk mengetahui kesesuaiannya dengan rencana;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;
  10. Menyusun kegiatan unit rumah tangga sesuai dengan dana dan pedoman kerja
  11. Pengurusan pengamanan gedung kantor Bupati;
  12. Pemeliharaan kebersihan ruangan,gedung kantor Bupati dan pekarangannya;
  13. Melaksanankan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;

Sub Bagian Keuangan dan perlengkapan

  1. Mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis keuangan serta perlengkapan Sekretariat Daerah;
  2. Penyediaan dan mengurus tempat untuk keperluan rapat/pertemuan dinas;
  3. Pembagian tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Pemberian petunjuk kepada bawahan tentang pengutusan perlengkapan dan kerumah-tanggaan;
  5. Penyediaan, penyimpanan, pemeliharaan dan penyaluran barang-barang untuk keperluan Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah;Pengurusan rumah jabatan Bupati , Wakil Bupati , dan Sekretaris Daerah;
  6. Pengurusan, penggunaan dan pemeliharaan kendaraan dinas sekretariat;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;

Sub Bagian Protokol dan Humas

Sub Bagian Protokol dan Santel dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah daan bertanggung jawab, kepada Kepala Bagian Umum. Sub Bagian Protokol dan Humas ,untuk menyelenggarakan tugas tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Pengumpulan bahan penyusunan acara berdasarkan data dari penyelenggara atau instansi yang terkait dengan acara dan santel sebagai bahan penyusunan acara;
  2. Pelaksanaan penyusunan kegiatan acara berdasarkan kumpulan data acara serta konsultasi dengan penyelenggara, sebagai bahan untuk membawakan acara;
  3. Pelaksanaan koordinasi dengan penyelenggara atau instansi terkait dalam penyelenggaraan acara;
  4. Pembawaan acara pada upacara, pertemuan dan kegiatan lain yang sejenis, berdasarkan kegiatan susunan acara;
  5. Pengaturan tata tempat upacara, pertemuan dan kegiatan lain sejenis berdasarkan ketentuan dan situasinya;
  6. Persiapan upacara pelantikan,rapat-rapat dinas, dan pertemuan lainnya yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah;
  7. Persiapan upacara rutin dan keprotokolan lainya;
  8. Pengurusan perjalanan dinas;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;

 

3 Responses to Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)

  1. terima kasih telah berbagi berita Mas, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, saya merasa bertambah wawasan semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

  2. terima kasih telah berbagi informasi Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, saya merasa bertambah wawasan semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

  3. nice article .. Thank you .. !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *