Festival Seni dan Budaya Florata 2019 Resmi digelar, 3 Kabupaten Berhalangan Hadir

Labuan Bajo – Festival Seni dan Budaya Kabupaten se-daratan Flores-Lembata (Florata) secara resmi digelar di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Namun dari 9 Kabupaten, hanya 6 (enam) yang berpartisipasi antara lain Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Nagekeo, Sikka, Flores Timur, dan Kabupaten Lembata, sedangkan 3 (tiga) kabupaten lainnya yakni Manggarai Timur, Ngada dan Ende berhalangan hadir.

Festival yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, diawali dengan parade budaya. Parade budaya diikuti baik oleh peserta Festival Florata, juga sanggar-sangar budaya di Manggarai Barat, Paguyuban-Paguyuban di Labuan Bajo, para pelaku Pariwisata, Sekolah-sekolah (SD-SMA), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat, serta peserta dari BUMN/BUMD yang ada di Labuan Bajo.

Parade Budaya dilepas oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., dari halaman Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Manggarai Barat. Selanjutnya peserta parade melintasi rute sepanjang ± 2 Km, menuju Lapangan Parkir di Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo.

Penyelenggaraan Festival Florata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat tahun ini sesuai keputusan Gubernur NTT Nomor BU/556/21/Parekraf/2019 tanggal 06 April 2019 tentang persetujuan Kabupaten  Manggarai Barat sebagai tuan rumah penyelenggara Festival Florata tahun 2019.

Festival Seni dan Budaya se-daratan Flores dan Lembata merupakan salah satu event seni dan budaya di Provinsi NTT, dan merupakan salah satu wahana promosi pariwisata Flores dan Lembata yang tergabung dalam Rayon III.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam festival Florata kali ini yakni, pameran ekonomi kreatif, Forum Group Discussion (FGD), Rapat koordinasi para kepala Dinas Pariwisata, Taman Nasional Komodo (TNK) dan Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo dan Flores. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *