El Bajo diharapkan Mampu Menyiapkan SDM Pariwisata yang Handal dan Berkualitas

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula menilai kehadiran Perguruan Tinggi Politeknik Excelent Bajo Commodus (El Bajo Commodus) sangat positif dalam mendukung sector pariwisata di Manggarai Barat pasca penetapan sebagai salah satu Kawasasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). El Bajo diharapkan mampu mendidik dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang handal dan berkualitas .

Demikian disampaikan Bupati Gusti Dula saat menyampaikan sambutan pada Acara Penyerahan Surat Keputusan (SK) dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Politeknik El Bajo Commodus, di Hotel Luwansa Labuan Bajo, Senin (23/4). “Saya rasa, kehadiran Perguruan Tinggi sangat positif, terutama generasi Manggarai Barat yang melanjutkan studinya. Karena itu saya harapkan EL Bajo Commodus berkomitmen menyiapkan SDM pariwisata yang handal dan berkualitas,” tandasnya.

Menurut Bupati Gusti Dula, selain mendukung sector pariwisata Manggarai Barat yang saat ini mendunia, kehadiran Kampus El Bajo diyakini mampu meningkatkan sector perekonomian di Manggarai Barat. Apabila semua atau sebagian putra-putri melanjutkan studi di El Bajo, keuntungannya adalah uang tidak keluar Manggarai Barat. “Bayangkan saja jika ada ratusan anak-anak yang mendaftar di El Bajo, maka ada begitu banyak uang yang beredar di Manggarai Barat,” urainya.

Karena itu Bupati dua periode ini, tiada henti-hentinya memuji dan menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan segenap pengurus  Yayasan Bangkit Anak Negeriku atas perjuangan mereka hingga diterbitkannya SK. Serta respon  yang positif dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Pimpinan dan para pengurus Yayasan Bangkit Anak Negeriku terhadap perjuangan yang telah ditempuh hingga diterbitkannya SK ini dan dukungan dan respon yang baik dari Kementerian Ristek dan Dikti. Hadirnya Politeknik tentu akan menunjang pariwisata daerah Labuan Bajo yang saat ini semakin mendunia,” katanya seraya menambahkan de depan anak-anak kita tidak perlu kuliah di luar daerah.

Pada kesempatan itu, birokrat sejati ini juga menyinggung potensi alam Manggarai Barat. Menurut dia potensi alam yang dimiliki Manggarai Barat sangat besar. Oleh karena itu untuk mengurus harus didukung SDM yang baik pula. Dengan hadirnya Politek ini dapat merubah SDM, sehingga bersama-sama kita bisa merubah alam menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Kopertis Wilayah VIII Prof. I Nengah Dasi Astawa, Pembina Yayasan Bangkit Anak Negeriku Halim Budiman, Ketua Yayasan Bangkit Anak Negeriku Novi Halim, para General Manager (GM) dari Industri Perhotelan di Labuan Bajo, para Kepala Sekolah SMA/SMK/sederajat, dah para pimpinan OPD terkait Lingkup Setda Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan SK Politeknik oleh Prof. I Nengah Dasi Astawa kepada Halim Budiman, kemudian penandatanganan MoU dengan para GM dan para Kepala Sekolah, dan diakhiri dengan makan malam bersama.

Untuk diketahui Kampus El Bajo yang beralamat di Lancang, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, saat ini sedang dibangun. Acara peletakan batu pertama (ground breaking) telah dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2018 lalu. (Tim/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *